Trump Tak Jadikan Teknologi Salah Satu Prioritas untuk Amerika


SURATKABAR.ID – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, tak pernah menyinggung terkait peran teknologi untuk kehidupan masa depan Amerika pada masa jabatannya sekarang.

Hal ini jelas bertolak belakang dengan perkataannya seputar teknologi yang sempat disuarakan ketika kampanye, seperti mengenai skandal email yang menimpa Hillary dan juga dugaan peretasan email Komisi Nasional Partai Republik (DNC) oleh Rusia.

Lain dengan presiden Obama dimasa sebelumnya, Obama sangat mendukung perkembangan teknologi dan memberi kesempatan penduduknya untuk memamerkan hasil ciptaannya seperti pada pameran sains di White House, saat di mana Obama sempat menembakkan marshmallow dari Extreme Marshmallow Cannon. Obama menganggap bahwa teknologi berperan besar untuk keperluan futuristic.

Dibanding dengan presiden-presiden AS sebelumnya, Trump jadi satu-satunya presiden yang hampir tidak pernah menyinggung masalah terkait teknologi dan pernah diucapkannya sebagai alat menyerang pihak saingan saat pemilu presiden lalu.

Hal ini bisa dilihat dari pidato pertamanya sebagai presiden AS bahwa teknologi tidak termasuk dalam prioritasnya. Pernah disebutkannya sekali terkait ‘teknologi masa depan’ namun tidak secara jelas diungkapkannya.

Kebijakan Trump memang lebih memprioritaskan kedemarwanan negara dibanding dengan kemajuan teknologi dan inovasi. Ketua Komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika, dalam perjanjiannya dengan Trump, berkomitmen akan untuk membentuk kembali terkait cara pemerintah memberlakukan regulasi bagi media dan internet.

Langkah Trump anti teknologi ini bukanlah satu-satunya solusi, namun menginspirasi dirinya untuk menghidupkan kembali kejayaan industry pada awal 19 dan 20-an seperti logam dan baru bara. Dirinya memprioritaskan pertumbuhan ekonomi dari proyek infrastruktur.

Namun bagaimanapun juga jaman sekarang masyarakat tidak dapat menghindar akan kehadiran teknologi ketika manusia milenial sangat menggantungkan keberadaan teknologi. Seperti arsitektur yang dijalankan dengan computer, jalan , lorong, dan jembatan diilustrasikan dengan menggunakan printer 3D.