Kenapa Ahok Minta Maaf pada Ibu Ini?


SURATKABAR.ID – Tak seperti biasanya, pagi tadi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok datang terlambat di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (06/03/2017). Tiap hari, Ahok biasa tiba di Balai Kota DKI pukul 07.30 WIB. Namun hari ini dia tiba pada pukul 08.00 WIB.

Sementara itu, antrian warga yang hendak mengadu kepada Pak Gubernur sudah ada sejak pagi. Di barisan paling depan, tampak seorang perempuan berkerudung merah muda yang duduk lemas menunggu Ahok, sebagaimana dikabarkan dalam Kompas.

Biasanya, gubernur yang berusia 50 tahun itu akan melayani antrian foto terlebih dahulu. Baru kemudian setelahnya melayani aduan warga. Sebagai pengecualian, hari ini dia langsung menghampiri perempuan berkerudung merah muda itu dan meminta maaf karena datang terlambat.

“Ibu mau mengadu apa, mohon maaf ini saya terlambat,” ucap Ahok.

Baca juga:  Beredar Foto SBY Bertemu dengan Ahok. Bicarakan Apa?

Perempuan berkerudung merah muda tersebut bernama Herlina. Berasal dari Bandengan, Jakarta Barat, Herlina hendak menyampaikan pengaduan terkait kondisi kesehatannya. Kerabat Herlina mengatakan, rupanya Herlina terkena kanker serviks. Mereka mengadu karena sudah bolak-balik ke rumah sakit tetapi tidak kunjung dioperasi.

“Di RS Pelni sudah satu bulan. Terus ke RS Cipto [RSCM]. Di Cipto sudah satu bulan. Sudah dua bulan belum dioperasi,” tutur Herlina dengan suara lemah kepada Pak Gubernur.

Ahok harus membungkukkan badan agar bisa mendengar suara Herlina. Ia lalu menawarkan untuk memindahkan pengobatan ke RSUD Tarakan. Dia memanggil salah seorang stafnya, Nathanael Ompusunggu.

“Di RS Tarakan ya, nanti ya. Si Nael mana? Nanti orang saya urusin, ya. Mana Nael ya?” tanya Ahok mencari-cari stafnya.

Staf yang bersangkutan datang lalu langsung menyatakan siap memindahkan Herlina ke RSUD Tarakan. Ahok lantas meminta Herlina untuk tidak bersedih menghadapi penyakitnya. Ahok juga kembali meminta maaf karena terlambat tiba di Balai Kota.

“Ya sudah Bu ya, nanti diurusin Bu ya. Kalau kena beginian itu enggak boleh stres. Ibu senang-senang saja,” imbuh Ahok menenangkan.

Ahok juga mengungkapkan penyebab ia tiba terlambat di Balai Kota.

“Maaf tadi kesiangan, kemalaman [tidur] semalam,” jelas Ahok.

Baca juga: Soal Makam Mbah Priok, J. J. Rizal Sebut Ahok Tidak Sekadar Menyalahi Prosedur

Setelah itu, Ahok melanjutkan dinasnya, melayani antrian warga yang ingin berfoto. Warga yang mau mengadu pun harus kembali menunggu dalam antrian mereka.

Semoga operasi Ibu Herlina berjalan lancar dan lekas dipulihkan total dari penyakitnya.