Ini Alasan Panda Berwarna Hitam-Putih


SURATKABAR.ID – Siapa yang tak kenal panda? Hewan ini tak hanya terkenal karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan tapi juga warna tubuhnya yang unik yaitu perpaduan antara hitam dan putih.

Peneliti telah lama tertarik pada keunikan warna pada tubuh panda. Baru-baru ini, Tim Caro memimpin penelitian untuk mengungkapkan rahasia di balik warna hitam dan putih pada panda.

Seperti yang diwartakan di Newatlas.com, berdasar pada penelitian yang dilakukan oleh Professor Davis dari University of California di tahun 2014 tentang warna tubuh zebra yang mempunya strip hitam dan putih. Davis mengungkapkan strip tersebut berfungsi untuk menghalangi gigitan serangga dengan meninjau jurnal tentang mamalia lainnya di keluarga kuda. Ia menemukan spesies yang memilik strip hidup di lokasi dimana banyak terdapat serangga menggigit.

Penelitian yang dipimpin Tim Caro dan diterbitkan di jurnal Behavioural Ecology ini membandingkan sepetak bulu panda dan 195 karnivora lainnya yang berwarna gelap dan terang dan 39 subspesies yang berhubungan dengan beruang. Kemudian, para peneliti akan mengamati hubungan bermacam-macam warna bulu dan tujuannya pada lingkungan hewan tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bulu berwarna putih pada sebagian besar tubuh panda termasuk wajah, leher, perut dan punggungnya membantu panda berbaur dengan habitat bersalju. Sedangkan lengan dan kakinya yang hitam membantu panda menyembunyikan tubuhnya di bawah bayangan.

Menariknya, bagian hitam pada kepalanya berfungsi untuk komunikasi. Telinga panda yang hitam membantu mereka terlihat ganas untuk menakuti predator. Sedangkan bagian hitam di sekitar mata digunakan untuk berkomunikasi, membantu panda mengenali panda lainnya atau sinyal agresi.

Dari pengamatan ini, tim menduga dua warna tersebut berasal dari pola makan bambu mereka. Panda tak mampu menyimpan cukup lemak untuk hibernasi selama musim dingin seperti beruang. Mereka harus aktif sepanjang tahun, oleh karena itu mereka harus mampu bersembunyi di segala habitat mulai dari gunung bersalju hingga hutan tropis.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumya4 Aplikasi Terbaik untuk Merekam Suara
Berita berikutnyaInilah Langkah Tepat Tanggulangi Bahaya Pencemaran Udara