Air Seni Penyebab Mata Merah Saat Berenang? Begini Alasannya


Air kolam renang yang terkontaminasi oleh urin dapat menyebabkan mata iritasi hingga asma

SURATKABAR.ID – Selama ini, masyarakat sering menyangka bahwa pemicu mata memerah ketika berenang adalah akibat kontaminasi air kolam dengan klorin. Pernyataan ini kemudian terbantahkan dengan adanya penelitian bahwa klorin bukan satu-satunya penyebab, namun air seni.

Dilansir dari newatlas.com, para peneliti Kanada daari Universitas Alberta mencoba mengamati ini dengan mengukur kuantitas urin di kolam renang umum yaitu dengan menjejaki petunjuk pemanis buatan.

Acesulfame potassium (ACE) merupakan pemanis satu dari pemanis yang paling sering dikonsumsi masyarakat pada makanan olahan dan minuman bersoda. Mengkonsumsi minuman bersoda tidak begitu berbahaya untuk tubuh karena tidak terserap ke dalam tubuh juga tidak menambah kalori dalam tubuh.

Dari 29 kolam renang umum di kota-kota di Kanada sebagai data penelitian, ditemukan kadar ACE yang tinggi.

Selama dua hingga tiga minggu penelitian berjalan, tim penelitian mengestimasi para pengguna kolam renang mengeluarkan 75 liter cairan hasil eksresi tubuh dalam kolam yang lebih luas dan 30 liter pada kolam yang agak kecil.

Banyaknya cairan ini diibaratkan jika bathub kecil dalam keadaan pengisian penuh yaitu 75 liter dituangkan ke dalam kolam renang. Dengan demikian, disimpulkan sekitar 0.009% untuk 75 liter cairan urin dan 30 liter atau sekitar 0.007% terkandung dalam kolam renang.

Air dalam kolam renang mengandung komponen nitrogen seperti ammonia dan urea dapat merespon disinfektan untuk membuat produk yang lebih berbahaya. Jika ada kontak fisik dengan komponen nitrogen tersebut mampu membuat iritasi pada mata dan juga menyebabkan asma.

Tim peneliti mengungkapkan jika mereka tidak dapat menggunakan data untuk menangani fenomena yang pasti terjadi di hampir semua kolam renang di dunia, jumlah pengguna kolam dan banyaknya pengguna yang melakukan ‘pipis’ di kolam renang. Data penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Environmental Science & Technology Letters. (joc)