Kakek Pemulung Ini Rela Pakai Uang Sendiri untuk Menambal Jalan Rusak


SURATKABAR.ID – Sadiyo Cipto Wiyon, lelaki berusia 65 tahun yang masih bermangat untuk membantu orang lain. Kakek asal Gondang, Sragen, Jawa Tengah ini menjadi perhatian lantaran rela menyisakan penghasilannya sebagai pemulung untuk kepentingan masyarakat.

Seperti wartakan okezone.com, Sadiyo rela menyedekahkan harta serta tenaganya untuk menambal jalan-jalan berlubang di daerah Godangan. Ia menyisakan hasil memulungnya untuk memperbaiki jalan rusak. Kegiatan yang ia lakukan semenjak tahun 2012 ini membuat masyarakat yang mengetahuinya jadi haru.

Sadiyo setiap harinya memulung dengan menggunakan becak tua miliknya. Ia berkeliling untuk memungut barang bekas dan plastik sepanjang jalan yang ia temui. Hasilnya digunakan untuk kebutuhan makan dan kemudian menyisihkan sebagian untuk membeli peralatan serta bahan-bahan seperti semen, kerikil, pasir dan lain sebagainya untuk dipakai menambal jalan berlubang.

Tidak hanya menambal jalan, Sadiyo juga membuat rambu-rambu yang dipasang di lokasi yang dianggapnya rawan kecelakaan.

Baca Juga: Bocor! Humas Pengadilan Agama Jaksel Ungkap Alasan Aming Minta Bercerai

“Ini murni keinginan saya, membantu agar masyarakat tidak terjatuh saat lewat jalan berlubang,” tutur Sadiyo, Sabtu (4/3/2017).

Ia melakukan kegiatan tersebut bermula ketika dirinya menjdapatkan pengalaman yang cukup buruk karena adanya jalan yang berlubang.

Sadiyo mengaku hampir celaka saat memulung dan becaknya terperosok ke dalam lubang jalanan yang cukup dalam. Insiden tersebut membuat as becaknya patah. Ia juga menyaksikan banyak kecelakaan yang diakibatkan jalanan yang berlubang. Sehingga sejak saat itu dia bertekat untuk menambal jalanan berlubang yang ia temukan semampu dirinya.

“Apalagi saat saya melihat banyak kendaraan yang juga menjadi korban seperti saya. Karena itu saya niatkan dalam hati dan dengan uang seadanya saya sisihkan untuk membeli material menutup lubang jalan,” jelas Sadiyo.

Banyak warga yang mengapresiasi aksi Sadiyo tersebut. Aksi sukarela kakek itu kini berbuah nyata. Jalan berlubang di ruas Gondang-Banaran sekira 5 kilometer sudah ditambalnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaAhok-Djarot Walk Out Karena Acara ‘Ngaret’, Ketua KPUD Akui Sudah Minta Maaf
Berita berikutnyaTerkait Polemik Freeport, Rizal Ramli: Setop Tipu-Tipu