Wow! Keponakan Sir Clive Sinclair Sempurnakan C5


SURATKABAR.IDMungkin beberapa dari kita masih ingat teknologi kendaraan roda 3 bertenaga baterai yang dibuat oleh Sir Clive Sinclair pada tahun 1985. Kendaraan listrik berkecepatan 15 mph ini digadang menjadi sebuah bencana terbesar di dunia teknologi, bahkan disebut-sebut menduduki peringkat atas produk teknologi terburuk sepanjang masa. Namun, kelihatannya produk ini masih belum mau menyerah karena kini nama C5 kembali terdengar di jagat teknologi.

Dilansir dari NewAtlas.com, Keponakan dari Sir Clive Sinclair, Grant Sinclair, kini memasarkan produk C5 yang telah disempurnakan dan diberi nama Iris eTrike. Kendaraan roda tiga bertenaga listrik yang juga bisa dipedal ini lebih cepat dan lebih aman daripada pendahulunya saat tahun 1980-an itu. Iris eTrike ini pun juga memiliki kanopi Plexiglas sehingga penggunanya bisa menggunakan kendaraan ini dalam cuaca apa pun.

Pada awal peluncurannya tahun 1985, C5 ini diharapkan mampu menjadi terobosan teknologi berkendara yang brillian, tetapi yang terjadi malah sebaliknya. C5 memang menarik banyak perhatian masyarakat, tapi hanya beberapa ribu saja yang terjual.

Kendaraan mungil ini memang memenuhi aturan jalanan yang berlaku, tetapi pengoperasiannya sangat rumit, baterainya tidak bertahan lama, mesin pertamanya sangatlah buruk performanya hingga banyak yang mengira mesin tersebut merupakan bekas mesin penyedot debu, dan C5 juga tidak memiliki kanopi sehingga pengguna akan terkena panas terik atau pun hujan saat menggunakannya di luar sana.

Namun, masalah terbesar ada pada ukurannya. C5 memang mudah sekali untuk disimpan, tapi dari ukurannya tersebut bisa dilihat bahwa kendaraan bertenaga listrik ini sangat tidak nyaman untuk digunakan di jalanan karena kendaraan ini bukan hanya pendek sehingga membuat pengemudi kendaraan lain sulit untuk melihatnya, dan C5 ini juga bergerak sangat lambat membuat baik pengendaranya maupun pengguna jalan menjadi tidak nyaman.

Pada akhirnya, publik kehilangan minat dan produksi C5 dihentikan setelah beredar selama delapan bulan, dan Sinclair Vehicles dibubarkan.

Itu merupakan gambaran C5 pada tahun 1985. Namun, pada tahun 2017 ini, keponakan Sir Clive Sinclair, yakni Grant Sinclair, telah membuat versi terbaru dari C5 dan memasarkannya melalui perusahaan buatannya, yaitu Grant Sinclair Design.

Dalam wawancaranya dengan BBC, Grant mengatakan bahwa Iris eTrike inovasinya ini memiliki kesempatan besar untuk sukses jika dibandingkan dengan C5 karena infrastruktur bagi pengendara sepeda sangat memadai saat ini dan saat ini orang-orang pun juga sudah terbiasa dengan sepeda bertenaga listrik.

Iris eTrike memang berbeda dari C5. Kendaraan terbaru ini lebih besar, lebih cepat dan memiliki kanopi plastik yang bukan hanya dapat melindungi pengendara dari cuaca di luar ruangan tapi juga dapat melindungi mereka dari penjahat yang biasa muncul menyerang para pengguna sepeda. Selain itu, kendaraan berbobot 55 kg (121 lb) (sudah termasuk charger dan baterai) juga lebih tinggi jika dibandingkan C5 sehingga memudahkan pengendara untuk melihat sekelilingnya.

Penasaran dengan fitur Iris eTrike ini? Mari simak bersama-sama dalam video berikut ini:


SUMBERnewatlas.com
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaNgakak! Meme Young Lex #MakanBang Dibikin Lagu
Berita berikutnyaTransplantasi Wajah Kembalikan Hidup Mantan Pemadam Kebakaran Ini