Awas! Pola Tidur Tak Teratur Bisa Membuat Anda Obesitas


SURATKABAR.ID – Banyak dari Anda yang mungkin menderita gangguan itu, baik itu insomnia, mendengkur, hipersomnia bahkan gangguan tidur berjalan. Menurut riset yang dilakukan oleh University of Glasgow, pola tidur yang tidak normal ini dapat meningkatkan resiko obesitas pada mereka yang secara genetis memiliki kecenderungan menderita kegemukan.

Seperti yang diwartakan oleh BBC.com, para peneliti belum menemukan hubungan langsung antara durasi tidur dan berat badan pada mereka yang secara genetis memiliki resiko obesitas rendah. Dalam penelitiannya, peneliti mengamati akibat dari waktu tidur yang kurang dari 7 jam dan lebih dari 9 jam serta durasi waktu tidur siang dan pola kerja shift.

Peneliti menemukan tingginya resiko obesitas pada mereka yang memiliki durasi tidur kurang dari 7 jam dan lebih dari 9 jam.

Berat badan individu dengan waktu tidur lebih dari 9 jam akan berpotensi naik sebesar 4 kg, sedangkan mereka yang tidur kurang dari 7 jam berat badannya akan naik 2 kg daripada individu yang memiliki durasi tidur antara 7-9 jam.

Pekerja yang bekerja shift atau tidur siang juga berpotensi menderita obesitas jika mereka secara genetis memiliki kecenderungan untuk gemuk.

Namun menurut Dr. Jason Gill, pola tidur yang tidak normal ini tidak akan berpotensi menyebabkan obesitas pada individu yang secara genetis memiliki resiko obesitas rendah.

Para peneliti menyarankan untuk lebih memperhatikan pola tidur, disamping diet dan aktivitas fisik, khususnya pada mereka yang secara genetis berpotensi menderita obesitas. Selain itu, penelitian ini juga menggaris bawahi pentingnya melakukan pola hidup yang sehat agar terhindar dari resiko obesitas yang kini marak ditemukan di kota-kota besar.

Apakah Anda ingin terhindar dari resiko obesitas? Terapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang!


SUMBERBBC
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaJeans Anti Sobek, Solusi Aman Untuk Pengendara Moge
Berita berikutnyaSK Peresmian Taman Makam Mbah Priok Salah, Ahok: Jebakan Batman Nih Kayaknya