Waspada! BPOM Temukan Bahan Ini Saat Sidak di Pabrik Saus


SURATKABAR.ID – Bekerja sama dengan Polri, pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sebuah pabrik industri kecap dan saus di wilayah kota Tangerang.

Pabrik tersebut berlokasi di Jalan Baroq, Kelurahan Lio Baru, neglasari, Kota Tangerang diketahui memproduski jenis saus yang diproduksei secara illegal. Penny Kusumastuti Lukito selaku Kepala BPOM RI turun langsung dalam sidak tersebut.

Penny menjelaskan jika mengosumsi saus yang diproduksi oleh PD Sari Wangi bisa menyebabkan kontaminasi sanitasi seperti halnya sakit perut diare.

“Sedangkan dalam jangka panjang akan menyebabkankan kanker dan lainnya,” paparnya saat melakukan sidak di pabrik tersebut pada jumat (3/3/2017).

Penny menyebutkan jika peredaran saus tersebut sudah ke delapan provinsi di Indonesia, seperti halnya Kalimantan, Sumatera, dan juga Jawa.

Baca juga: Viral Nenek Makan Rumput Karena Kelaparan, Begini Klarifikasi Pemkab

Produk ini yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, seperti kecap, saus tomat, saus sambal,” ujarnya lebih lanjut.

Penny dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan jika bahaya pangan yang tak teregisterasi oleh BPOM bisa menyerang sewaktu-waktu. Seperti halnya pewarna yang digunakan untuk tomat dan juga sambal, ternyata setelah dilakukan penyelidikan menggunakan pewarna kain, dan itu sangat berbahaya bila dikonsumsi.

“Itu misalnya pewarna kain, jadi ini sangat berbahaya bagi masyarakat untuk dikonsumsi,”  imbuhnya lagi.

Penny juga bakal memastikan jika pabrik tersebut akan ditutup dalam waktu dekat dan mengamankan sejumah produk yang telah terlanjur beredar di lapangan. Selanjutnya, untuk penindakan hukum akan dikenakan Undang-Undang Pangan dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara dengan denda Rp 4 miliar.

Oleh sebab itulah kita sebagai masyarakat perlu sekali mewaspadai apa-apa yang akan dikonsumsi. Teliti sebelum membeli dan selalu memperhatikan izin produksinya agar tidak membahayakan untuk jangka panjangnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaBanyak Nama Besar Terlibat pada Korupsi E-KTP, KPK Berharap Tak Ada Guncangan Politik
Berita berikutnyaTak Banyak yang Tahu, Ini 9 Penyebab Sepele Pantat Sering Gatal