Wow! Para Ilmuwan Ini Temukan Fosil Tertua Di Dunia


SURATKABAR.IDSejarah kehidupan di Bumi masih menjadi salah satu misteri besar yang terus digali jawabannya oleh para ilmuwan di seluruh dunia.

Dilansir dari ScienceAlert.com, para ilmuwan baru saja menemukan sisa mikroorganisme berukuran sangat kecil yang tersembunyi di dalam kuarsa.

Mereka menemukan kuarsa tersebut di Kanada, dan mereka memperkirakan mikroorganisme yang mereka temukan ini hidup sekitar 3,77 milyar tahun yang lalu. Penemuan ini akan menjadi fosil tertua yang pernah ditemukan oleh manusia hingga saat ini. Selain itu, fosil ini diharapkan mampu membantu para ilmuwan memahami bagaimana awal kehidupan terbentuk di Bumi.

“Temuan ini mendukung gagasan dan teori bahwa kehidupan muncul dari ventilasi dasar laut yang panas tidak lama setelah planet Bumi terbentuk,” jelas salah satu anggota tim dari University College London, Matthew Dodd.

“Penampakan mikroorganisme ini juga menjadi bukti lain setelah bukti yang kita dapatkan belum lama ini, yakni gundukan sedimen berusia 3.700 juta tahun yang terbentuk dari kumpulan mikroorganisme,”

Ada banyak hipotesis mengenai bagaimana kehidupan di Bumi ini terbentuk. Namun, hipotesis terbaru menyatakan bahwa semua makhluk hidup di bumi ini terbentuk dari senyawa organik yang ada di dasar laut sekitar 3,8 sampai 4,1 milyar tahun yang lalu.

Tidak lama setelah itu, sekitar 3,5 sampai 3,8 tahun yang lalu, makhluk purba bersel satu atau juga dikenal dengan sebutan LUCA (Last Universal Common Ancestor) hidup. Kemudian, keturunan makhluk purba bersel satu ini saling memisahkan diri menjadi nenek moyang dari tiga jenis makhluk hidup yang kita ketahui saat ini, yakni arkea, bakteri, dan eukariot. Sayangnya, para ilmuwan masih belum menemukan buktinya secara mendetil.

Hal yang membuat penemuan ini menjadi sangat penting adalah fakta bahwa fosil ini sangatlah tua—bahkan diperkirakan hidup pada awal terbentuknya kehidupan di Bumi ini. Diharapkan nantinya fosil ini dapat menjawab semua pertanyaan mengenai terbentuknya kehidupan di muka Bumi yang masih terus menjadi perbincangan dan perdebatan diantara para ilmuwan.

Sebelum ini, fosil tertua yang pernah ditemukan oleh para ilmuwan di dapatkan di Australia Barat. Fosil tersebut diperkirakan berumur sekitar 3.46 Milyar tahun, tapi masih terjadi perdebatan apakah fosil ini dapat merepresentasikan sisa organisme makhluk hidup atau tidak.

Fosil tertua yang ditemukan di Kanada ini tidaklah rumit, tapi menyimpan jejak kehidupan dalam bentuk filamen dan tabung-tabung kecil yang diperkirakan dibentuk oleh bakteri yang tumbuh dan hidup dengan memakan besi. Fosil ini terbungkus dalam lapisan kuarsa yang disebut Nuvvuagittuq Supracrustal Belt di pantai timur Teluk Hudson di Quebec.

Di lokasi tersebut memang terdapat beberapa batuan sedimen tertua di Bumi dan para ilmuwan yakin bahwa batuan tersebut terbentuk di dalam sistem ventilasi hidrotermal bawah laut yang kaya besi, yang juga merupakan habitat para makhluk purba yang pertama kali hidup di Bumi.

Setelah meneliti filamen dan tabung-tabung kecil tersebut, para ilmuwan menemukan bahwa fosil yang mereka dapatkan ini terbentuk dari proses pembusukan materi biologis yang mereka yakini dihasilkan oleh organisme hidup.


SUMBERsciencealert.com
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaSuhu di Antartika Mengalami Kenaikan. Ada Apa Ini?
Berita berikutnyaMengungkap Sebab Aming Minta Cerai