Ternyata Reaktor Nuklir Adalah Sumber Energi Yang Paling Aman


    SURATKABAR.ID – Hidup di era sekarang serba canggih memungkinkan kita untuk melakukan segala sesuatu dengan mudah, seperti mempersingkat waktu tempuh perjalanan dengan mobil atau pesawat, menyimpan makanan untuk beberapa hari ke depan dalam lemari es, ataupun menggunakan internet untuk mengetahui kejadian di seluruh penjuru dunia hanya dengan duduk di kursi kamar Anda. Namun, kemudahan-kemudahan ini harus kita bayar dengan menggunakan sumber energi yang ada.

    Sampai hari ini, penduduk di seluruh dunia berjumlah sekitar 7 miliar orang dan akan bertambah menjadi 9 miliar orang pada tahun 2040. Dengan meningkatnya pertambahan penduduk ini, pastilah kita akan memerlukan energy dua kali lebih banyak dari saat ini.

    Walaupun bermanfaat, beberapa sumber daya energi saat ini masih memiliki kekurangan, seperti bahan bakar dari fosil yang jumlahnya sangat terbatas dan hanya tersedia sampai sekitar dua ratus tahun ke depan.

    Ada lagi bahan bakar berbahan dasar karbon yang ternyata dapat mempercepat perubahan iklim dan dirasa dapat mengganggu dan membahayakan nyawa banyak orang. Selain itu, sumber energi yang dapat diperbaharui, seperti angin dan matahari, juga tidak dapat mengatasi masalah perubahan iklim.

    Akan tetapi, pada laporan yang diturukan sciencealert.com disebutkan bahwa ada satu sumber energi yang dianggap paling aman karena bersifat padat, dapat diandalkan, dan tidak memancarkan karbon. Energi tersebut berasal dari reactor nuklir.

    Pada laporan bulan Juli 2016, Idaho National laboratory (INL) menjelaskan bahwa 20% dari energi yang ada di Amerika disediakan dari reactor nuklir. Walaupun pada tahun 2040 akan dikurangi sebesar 10% karena perusahaan-perusahaan terkait akan menon-aktifkan reaktor-reaktor lama.

    Energi yang dihasilkan dari reaktor nuklir ini disebut reaktor garam cair. Teknologi ini sudah disusun pada saat Perang Dingin. Bahan bakar nuklir berbentuk cair lebih dipilih daripada yang berbentuk padat karena kekuatannya jauh lebih efisien dari segala teknologi yang ada.