SpaceX Siap Terbangkan Wisatawan Ke Bulan Mulai Tahun Depan


SURATKABAR.ID – Penjelajahan luar angkasa yang dilakukan oleh warga sipil kini bukan hanya sebatas impian belaka. Senin (27/2) pendiri SpaceX Elon Musk mengumumkan bahwa di tahun 2018, perusahannya akan menerbangkan dua warga sipil ke bulan dengan menggunakan kapal angkasa Dragon 2.

Dikutip dari Gizmodo.com, kapal ini akan diorbitkan dengan roket Falcon Heavy yang sayangnya hingga kini masih belum melewati tahap pengujian.

“Ini adalah sesuatu yang sangat menantang,” ujar Elon saat melakukan konferensi pers baru-baru ini.

“Kami telah diminta untuk melakukan misi angkasa berawak ke bulan… [dan penumpang ini] benar-benar serius dengan keinginan mereka. Kami berencana menggunakan kapal angkasa Dragon 2 dan roket Falcon Heavy.” sambungnya.

Elon menambahkan bahwa perjalanan luar angkasa ini akan berlangsung selama satu minggu. Penumpang akan bepergian ke bulan dan kembali lagi ke bumi dengan jarak tempuh sekitar 480-644 ribu km. Sebelum melakukan perjalanan ini, penumpang tentunya akan dilatih terlebih dahulu. Masih belum jelas apakah keduanya punya pengalaman dalam hal menerbangkan pesawat atau kapal angkasa.

Meskipun misi ini tidak berkaitan dengan program NASA untuk mengirimkan astronot ke bulan dengan roket SLS dan kapsul Orion, SpaceX menerima dana untuk mengembangkan teknologi perjalanan luar angkasa berawak melalui program komersil NASA.

SpaceX juga berencana untuk menerbangkan kapal Dragon 2 tanpa awak menuju ISS di akhir tahun ini. Di tahun 2018, perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat ini berniat untuk mengirimkan kapal Dragon 2 berawak menuju ISS dan diikuti dengan misi penerbangan komersil ke bulan. Ke depannya, SpaceX akan melakukan lebih banyak penerbangan komersil ke bulan. Menurut Elon, hal ini dapat meningkatkan pendapat perusahaan secara signifikan.

Apakah Anda juga tertarik melakukan perjalanan ke bulan ini?


SUMBERGizmodo
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaFlyboard Air: Generasi Baru Alat Transportasi Masa Depan
Berita berikutnyaBerusaha Bertemu Raja Salman, Habib Rizieq Sudah Siapkan Proposal Minta Bantuan