Pasha Ungu Unggul di Pilkada Palu Versi Hitung Cepat.


Pasha-Ungu-Maju-Jadi-Calon-Walikota-Palu-Didukung-PAN

Empat pasangan calon di Kota Palu bertarung memperebutkan kursi Walikota dan Wakil Walikota pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, Rabu(9/12/2015). Adapun empat pasangan yang turut ambil bagian dalam Pilkada Kota Palu yakni Hidayat dan Sigit Purnomo (Pasha “Ungu”), Hadiyanto Rasyid dan Wiwik Jumatul Rofiah, Habsa Yanti Panulele dan Thamrin, serta Andi Mulhanan Tambolotutu dan Tahmidy Lasahido.

Berdasarkan perhitungan cepat yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network, dari 20 persen data yang sudah masuk, pasangan Hidayat dan Sigit Purnomo atau yang lebih dikenal Pasha “Ungu” unggul dari 3 pasangan lainnya dengan persentase suara sebesar 40,49 persen.

Perolehan suara Pasha cukup jauh dibandingkan ketiga pesaingnya dimana pasangan nomor urut dua mendapatkan 22,71 persen, pasangan nomor urut tiga sebesar 21,03 persen, dan pasangan nomor urut empat hanya 15,76 persen.

Karena baru 20 persen suara yang masuk, maka prosentase perolehan suara setiap pasangan calon masih berpotensi berubah. Namun, prosentase suara yang didapatkan pasangan Hidayat dan Pasha yang hampir dua kali lipat dari perolehan pasangan tertinggi kedua setidaknya dapat memberikan peluang besar bagi Pasha dan pasangannya untuk menang.

Seperti diketahui, Lembaga Survei pimpinan Denny J.A bekerjasama dengan 21 daerah yang mengkikuti Pilkada serentak untuk menampilkan hasil hitung cepatnya. Dari 21 daerah, dua diantaranya adalah Propinsi, yakni Jambi dan Sumatera Barat. Sementara selebihnya adalah 16 kabupaten dan tiga kota madya(Kodya). Dari tiga Kodya tersebut salah satu didalamnya adalah Kota Palu.