NASA Rilis Foto Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Bumi


SURATKABAR.ID – NASA berhasil mengambil foto pembangkit listrik tenaga surya terbesar di bumi dari luar angkasa menggunakan Landsat 8 Operational Land Imager. Satelit milik NASA yang diluncurkan di tahun 2013 ini mampu mengambil foto secara lebih rinci, warna yang lebih jelas, dan kecepatannya hampir dua kali lipat pendahulunya, Landsat 7.

Seperti yang diwartakan di New Atlas, NASA telah merilis dua foto pembangkit listrik tenaga surya terbesar di bumi yaitu Dam Solar Park terletak di Provinsi Qinghai, China yang diambil pada April 2013 dan 5 Januari 2017. Foto tersebut menunjukkan perbedaan signifikan antara tahun 2013 dan 2017. Dari foto tersebut bisa disimpulkan bahwa Dam Solar Park mengalami ekspansi besar-besaran dalam empat tahun terakhir.

Pada tahun 2017, luas pembangkit tenaga surya Dam Solar Park telah mencapai 27 km2 dan terdapat total empat juta panel surya. Jumlah panel surya ini disinyalir lebih banyak dari pembangkit listrik tenaga surya di Kamuthi, India, yang hanya berjumlah 2.5 juta panel surya.

Awalnya pembangkit listrik tenaga surya terbesar terletak di Kamuthi, India, dengan kapasitas 648 MW. Pembangkit tenaga surya di Kamuthi ini berhasil menyabet gelar pembangkit listrik tenaga surya terbesar dari Topaz Solar Farm yang hanya berkapasitas 550 MW. Namun gelar tersebut kini jatuh pada pembangkit tenaga surya Dam Solar Park yang berkapasitas 850 MW.

Sejauh ini Cina unggul dalam proyek pembangkit listrik tenaga surya. Di tahun 2015, total kapasitas surya yang awalnya 15 GW diperbanyak hingga 43 GW. Di tahun 2016, Cina menambah kapasitas suryanya menjadi 77 GW mengalahkan produsen utama pembangkit listrik tenaga surya seperti Jerman, AS, dan Jepang. Penambahan kapasitas tersebut menjadikan Cina sebagai pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia.

Di bawah ini adalah perbandingan foto Dam Solar Park pada tahun 2013 dan 2017.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaRidwan Kamil Menceritakan Detik-Detik Pelaku Teror Mengancam Pegawai Kelurahan Arjuna
Berita berikutnyaRumput dan Kayu Jadi Bahan Pembuat Ban