Ini Ancaman Bagi Indonesia Jika Mendepak Freeport


Skandal yang dikenal dengan istilah ‘papa minta saham’  masih terus bergulir. Salah satu yang juga ikut mencuat adalah desakan agar kontrak Indonesia dengan Freeport segera dihentikan. Namun, jika benar kontrak itu dihentikan maka Indonesia akan menerima beberapa ancaman serius.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mengatakan, masalah besar akan muncul jika kontrak karya Freeport tidak diperpanjang. Kontrak itu sendiri tersebut akan habis pada 2021.

“Dampaknya sangat besar,” kata Maroef saat memberi keterangan di majelis Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Bos Freeport tersebut hadir di sidang MKD guna memberikan kesaksian atas kasus pelanggaran kode etik ketua DPR, Setya Novanto yang dilaporkan oleh Menteri ESDM, Sudirman Said.

Maroef menyatakan bahwa kerjasama Indonesia dengan Freeport ini tidak sekedar urusan bisnis, namun menyangkut juga beberapa aspek, misalnya aspek sosial. Kontrak tersebut berkaitan dengan keluarga karyawan dan masyarakat sekitar daerah tambang.

Beberapa hal yang akan mengacam jika kontrak itu tidak diperpanjang antara lain

Lingkungan. Dampak secara langsung terhadap lingkungan karena wilayah tambang harus terus dipelihara.

Keamanan. Jika Freeport harus hengkang dari Papua maka konflik bisa saja timbul. “Kalau ditinggalkan, wilayah operasional Freeport dari Tembagapura sampai bawah dimiliki tujuh suku besar. Mungkin antarsuku bisa klaim ini milik saya, ini milik saya,” kata Marouf yang juga mantan Wakil Kepala BIN itu.

Politik. “Pengusiran” Freeport dari Indonesia tentu bisa menimbulkan masalah pada hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dengan Amerika Serikat.

Nah, apakah pemerintah Indonesia berani untuk memenuhi desakan masayarakat agar Freeport kontraknya tidak diperpanjang jika melihat konsekuensi yang mungkin saja terjadi. Kita tunggu reaksi pemerintah. []


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaWow! Website ini Akurat 100% untuk Cek Hasil Pilkada Serentak
Berita berikutnyaAndressa Urach, Selingkuhan CR7 yang Mengalami Pelecehan Seksual