Wow! Robot Ini Punya Dua Kaki yang Bisa Berjalan


SURATKABAR.IDSampai saat ini, teknologi robot masih terus dikembangkan hingga bukannya tidak mungkin jika suatu hari nanti kita akan mendapati sebuah robot yang mengantarkan paket untuk kita, bukannya tukang pos.

Seperti dilansir dari New Atlas, hal inilah yang menjadi landasan bagi Jonathan Hurst, seorang professor robotika di Oregon State University yang juga merupakan kepala staf teknologi dari sebuah perusahaan spin-off bernama Agility Robotics, untuk membuat robot berjalan ini bersama dengan timnya. Robot ini memiliki dua kaki yang mirip dengan burung unta dan bisa berjalan. Robot ini bernama Cassie.

Namun, Cassie tidak serta merta dibuat untuk menjadi robot yang dapat mengantarkan paket. Hurst dan timnya lebih memfokuskan Cassie untuk menjadi platform dasar yang dapat dikembangkan oleh para perusahaan robotika dan intitusi penelitian lainnya.

Jadi, nantinya bukan Cassie yang akan datang ke rumah kita untuk mengantarkan paket. Namun, robot-robot yang dikembangkan dari bentuk dan program Cassie inilah yang akan mengantarkannya.

Dalam mendesain Cassie, Hurst dan timnya menggunakan desain robot berkaki dua milik negara bagian Oregon, yakni ATRIAS, sebagai pola awalnya. “ATRIAS memiliki mesin-mesin yang kerjanya berlawanan satu sama lain.

Benar-benar tidak efisien,” terang Hurst. “Namun, untuk Cassie, kami telah memperbaiki masalah tersebut dan menambahkan sistem kemudi, kaki, dan sistem yang terselubung agar ia bisa berjalan di luar ruangan baik saat hujan maupun bersalju. Tetapi, kami masih terus menguji kontrolnya,”

Cassie yang berbobot setengah dari ATRIAS ini sebenarnya tidak bermaksud memiliki desain seperti kaki burung unta. Namun, akhirnya Hurst dan timnya menerima pernyataan itu dan memasukkan ideologi kaki burung unta yang memiliki kecepatan, efisiensi, serta ketahanan sebagai motto dari robot berkaki dua ini.

“Kami ingin membangun mesin-mesin serta robot yang mampu bergerak pergi kemana pun seperti manusia, dan memiliki energi serta ketahanan yang sama,” tambah Hurst.

Meski pun masih terbilang baru, tetapi saat ini sudah ada banyak peminat yang hendak membeli Cassie. Hurst dan timnya sendiri berencana untuk membuat produksi awal yang akan bertempat di gedung Agility Robotics di Albany, Oregon. Mereka berencana untuk membuat robot-robot berkaki lainnya nanti setelah produksi Cassie sukses di pasaran.

Penasaran dengan aksi Cassie? Tonton saja video di bawah ini.


SUMBERNew Atlas
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumya13 Cara Lampiaskan Amarahmu Saat Main Video Game
Berita berikutnyaPeneliti Berusaha Mengontrol Populasi Hewan Penghisap Darah Ini