AstroBot Kit: Solusi Menyenangkan Belajar Pemrograman untuk Anak-Anak


SURATKABAR.ID – Kini mulai bermunculan mainan-mainan yang tak hanya berfungsi sebagai media hiburan untuk anak, tetapi juga sebagai media belajar-mengajar. Contohnya saja AstroBot kit buatan UBTech yang bisa mengajarkan bahasa pemrograman untuk anak dengan metode yang mudah dan pastinya menyenangkan.

Diperkenalkan pertama kali pada ajang Toy Fair 2017 yang dihelat di New York, robot pintar ini dapat dibentuk menjadi tiga karakter berbeda dengan bantuan program sederhana yang terdapat di aplikasi handphone. Dibandrol seharga $199 (sekitar 2.7 juta Rupiah), robot mini ini bisa dibentuk sebagai robot yang memiliki roda seperti tank (menyerupai Wall-E), robot manusia ataupun alat transportasi beroda.

Seperti yang diwartakan Space, robot ini hadir dengan 5 motor penggerak dan 397 bagian berbeda yang harus dirakit menjadi satu.

Sebuah sensor inframerah dipasang agar AstroBot tidak menabrak benda-benda di sekitarnya saat bergerak. Selain itu, sebuah pengeras suara dan sepasang LED 16 warna juga dipasang pada robot pintar ini sehingga membuatnya bisa bersuara dan berwarna.

Selama demo di stan UBTech, banyak pengunjung yang dibuat terkesan oleh kemampuan robot kecil ini. Dengan sebuah ponsel pintar, robot ini bisa digerakkan memutari permukaan meja dan mengambil serta mengangkat kotak kartu nama berukuran kecil.

Jangan khawatir karena robot ini dapat diprogram dengan mudah, bahkan oleh anak-anak. Dengan aplikasi Blocky yang dapat diunduh di App Store atau Google Play Store, anak-anak dapat dengan mudah memprogram robot ini dengan menyusun balok-balok di sekitar kanvas dan menghubungkannya untuk membuat fungsi-fungsi tertentu.

Jika menginginkan pemrograman lebih lanjut, pengguna bisa menggunakan bantuan sebuah tombol yang berfungsi untuk menampilkan kode pemograman yang tertulis dalam bahasa pemrograman Swift.

AstroBot adalah produk terbaru dari lini robot ramah anak “Jimu” yang dikembangkan oleh UBTech. Perusahaan ini memiliki 7 robot kit lainnya yang sudah dipasarkan termasuk TankBot, sebuah robot beroda seperti tank yang dibandrol seharga $149 (sekitar 2 juta Rupiah) tetapi tidak memiliki lampu LED atau fleksibilitas desain seperti pada AstroBot. Jika Anda menginginkan kit yang lebih lengkap, Anda bisa membeli Inventor Kit yang dibandrol seharga $363 (sekitar 4.9 juta Rupiah).

Semua robot kit Jimu memberikan kemudahan bagi anak-anak untuk belajar pemograman dan pengalaman yang menyenangkan dalam merakit komponen-komponen


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaiPhone Dapat Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Koneksi Internet
Berita berikutnyaDitemukan 7 Eksoplanet Seukuran Bumi Tempat Para Alien Mungkin Hidup