Asyik! YouTube Tak Lagi Tayangkan Iklan Seperti Ini Tahun Depan


SURATKABAR.ID – Sebagai pengguna atau penikmat video di YouTube, Anda kerap kali dibuat kesal oleh iklan berdurasi 30 detik yang muncul di awal video yang ingin Anda tonton. Kabar baiknya, bagi Anda penikmat YouTube, Google akan berhenti menayangkan iklan menyebalkan ini mulai tahun depan.

Selaku pemilik dan pengelola YouTube, Google berjanji untuk menghapus iklan tersebut. Raksasa internet itu pun menyadari bahwa banyak penggunanya yang tidak menyukai format iklan yang mengganggu ini.

Meskipun kabar tersebut menguntungkan penikmat YouTube, nyatanya Google masih menghadirkan format iklan dengan durasi yang lebih pendek. Dikutip dari The Verge, Google menyebutkan akan berfokus pada format iklan komersial yang lebih melibatkan pengiklan dan pemirsa dengan durasi 15 detik dan 20 detik.

“Kami berkomitmen memberikan pengalaman iklan yang lebih baik bagi pengguna daring. Sebagai bagian dari itu, kami telah memutuskan untuk mematikan iklan wajib 30 detik pada 2018 dan fokus pada format iklan yang bekerja untuk pengguna dan pengiklan,” ujar Google dalam pengumumannya.

Jika keputusan ini berdampak positif pada pengguna YouTube, lain halnya dengan pihak pengiklan. Mereka merasa tidak diuntungkan karena pendeknya durasi iklan. Menurut Callum McCahon, direktur strategi Born Social, YouTube tidak bisa menjamin apakah penggunanya akan tetap melihat iklan dari mitranya jika durasi iklan dikurangi.

Callum menambahkan bahwa perubahan format iklan di YouTube merupakan respons Google pada platform media digital lainnya.

“Saya melihat ini sebagai tanda YouTube sangat khawatir dengan Facebook. Kita tahu video sekarang menjadi inti dari peta perjalanan Facebook. Video milik Facebook menawarkan hal yang lebih menarik untuk pemilik merk, dan sekarang YouTube mulai panik,” ujarnya.

Apakah Anda senang dengan keputusan ini?


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDitemukan 7 Eksoplanet Seukuran Bumi Tempat Para Alien Mungkin Hidup
Berita berikutnyaSuka Taruh Jas Hujan di Bawah Jok? Ternyata Ada Bahaya Ini Dibalik Kebiasaan Tersebut