Aplikasi Buatan Bocah 14 Tahun Ini Bikin Siswa Tak Lupa Kerjakan PR


SURATKABAR.ID – Sudah hampir satu tahun sejak CEO Microsoft Satya Nadella menyatakan bahwa “program bot adalah sebuah aplikasi baru.” Namun, kendati adanya iming-iming revolusi pada bagaimana cara kita berinteraksi dengan layanan dan perusahaan online, perkembangan dari program chatbot sendiri nyatanya hanya sebatas gimik dan tidak ada hal yang begitu signifikan.

Akan tetapi, seorang bocah berusia 14 tahun dari Victoria, Kanada membawa angin segar bagi perkembangan chatbot yang terkesan hanya jalan di tempat.

Seperti yang diwartakan BBC, Alec sudah bekerja selama 6 bulan untuk mengembangkan aplikasi Christopher Bot, sebuah program chatbot yang membantu siswa mengorganisir pekerjaan rumah mereka dalam satu minggu.

Untuk menggunakan aplikasi ini, siswa pertama-tama memberitahukan jadwal mereka pada Christopher Bot. Sehingga, aplikasi akan mengirimkan pesan pendek di akhir setiap pelajaran yang menanyakan adanya pekerjaan rumah. Anda bisa menggunakan chatbot ini seperti gambar di bawah.

Melalui percakapan ini, pengguna dengan mudah memasukkan PR “aljabar” ke jadwal mingguan yang bisa diperiksa kembali nantinya. Setelah selesai mengerjakan PR, pengguna memberitahu Christopher Bot, lalu dia memberi ucapan selamat secara otomatis dan langsung menghapus PR aljabar dari daftar.

Menariknya, pengguna bisa mengatur jadwal libur sekolah sehingga aplikasi tidak akan setiap saat memberitahu dan menanyakan jadwal Anda.

Sesuatu yang membuat aplikasi ini menarik adalah kemampuannya memberikan layanan dengan baik, yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan di program chatbot lainnya. Contohnya saja chatbot berita CNN. Alih-alih memberikan update berita, aplikasi ini hanya memberikan informasi produk-produk CNN. Atau chatbot cuaca Poncho yang selalu membuat Anda frustasi karena lambatnya memberikan update info cuaca.

Akan tetapi, Christopher Chatbot mampu memberikan layanan yang benar-benar dibutuhkan pengguna, yaitu menjadi fasilitas all-in-one yang membantu siswa untuk mengingat dan menyelesaikan pekerjaan rumahnya tepat waktu.

Baru-baru ini, aplikasi chatbot Alec dipromosikan di website Product Hunt. Tak lama setelah itu, Alec menuai banyak pujian atas aplikasi buatannya. Layaknya pengembang lainnya, Alec ingin mengembangkan aplikasinya lebih jauh sehingga memiliki manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaIni Solusi Bagi yang Kesulitan Mencari Bentuk Kacamata yang Cocok
Berita berikutnyaReputasi Samsung Ternyata Tak Sebanding dengan Keuntungan yang Diraupnya