Wow! Robot Polisi Ini Sanggup Mengenali Wajah Manusia


SURATKABAR.IDRobot ini memang tidak secanggih tokoh RoboCop yang super keren dengan aksi serta senjata-senjatanya. Namun, robot yang satu ini juga punya kemampuan hebat lainnya dan pastinya akan selalu sigap jika ada bahaya datang mendekat.

Robot yang dikeluarkan oleh Tiongkok ini disebut E-Patrol Robot Sheriff (E巡机器警长). Meski pun hanya robot, tapi para penjahat dan pelaku tindak kriminal patut waspada karena robot polisi ini mampu melacak serta membuntuti penjahat atau orang-orang yang mencurigakan melalui sistem pengenalan wajah, seperti yang dilansir oleh Economic Daily.

Selain melawan kriminalitas, robot polisi ini juga memiliki kemampuan hebat lainnya. Antara lain memantau kualitas dan temperatur udara, juga mampu melacak potensi tindak kriminal, kebakaran dan bahaya lainnya.

Seperti dilansir oleh Mashable, robot hitam-putih setinggi 1,6 meter ini bergerak secara mandiri dengan menggunakan sebuah sistem kamera, dan saat ini (20/02/2017) sedang berada di Stasiun Kereta Zhengzou Timur di Henan. Robot ini pun juga bisa mengenali para staf yang bekerja di stasiun melalui kartu izin kerja mereka.

E-Patrol Robot Sheriff ini diluncurkan setelah peluncuran AnBot, robot dengan tipe-Dalek yang sama, yang diluncurkan tahun lalu di Bandara Internasional Shenzen.

Namun, menurut laporan yang diturunkan oleh People’s Daily, masih belum diketahui apakah E-Patrol Robot Sheriff ini dipersenjatai seperti AnBot yang memiliki taser atau alat setrum yang dapat digunakan untuk mengontrol massa jika terjadi kerusuhan.

Meski baru diluncurkan, tetapi E-Patrol Robot Sheriff sudah berhasil mengukir prestasi pertamanya saat ia menemukan kebakaran kecil pada hari kerja pertamanya dengan menggunakan sistem pemantauan udara dan kelembapan, seperti yang dilansir oleh Economic Daily. Seperti kebanyakan robot yang dirakit untuk memudahkan pekerjaan manusia, ke depannya E-Patrol Robot Sheriff ini diharapkan mampu membantu pekerjaan para polisi untuk melayani masyarakat.


SUMBERMashable
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPengacara Ahmad Dhani Marah Karena Polisi Mengatakan Hal Ini
Berita berikutnyaMengungkap Penyebab ACTA Cabut Gugatan Soal Pengaktifan Ahok