Ekor Anjing jadi Rencana Pengembangan Tekhnologi Robot Masa Depan


SURATKABAR.ID – IEE menemukan fakta mengejutkan dalam penelitan di tahun 2013 yang menunjukkan ekor anjing yang lucu bukan hanya untuk hiburan tapi juga berkomunikasi.

Penelitian yang dilakukan oleh Ashish Singh dan James Young menyatakan Roomba dengan ekor dapat berkomunikasi secara cepat dan mudah dengan manusia – kibasan gembira dan cepat artinya tak ada masalah, sedang gerakan lambat dari sisi ke sisi artinya penghinaan.

“Ini memberi keuntungan setiap robot jaman sekarang yang bekerja dengan manusia, termasuk robot transportasi pabrik, robot domestik yang bermunculan, bahkan robot seperti Packbot.” kata Young, dikutip dari techcrunch.com, Senin (20/2/2017).

Pertanyaannya dimana dan kapan ekor seperti anjing ini digunakan? Ekor ekspresif atau bagian tubuh lainnya bisa jadi cara murah untuk menambahkan interaksi antar komputer dan manusia tanpa harus membeli pengeras suara atau mikrofon. Ini jelas mengisyaratkan robot masa depan yang kita punya akan ada di mana-mana “murah” dan “mahal”, seperti pasar mainan menunjukkan, bahkan tawa dan bunyi tit yang paling dasar dapat membuat kita jatuh cinta dengan Furbies, Pleos dan Hatchimals.

Bahkan, siswa University of Manitoba menggunakan “isyarat visual” untuk mengirimkan pengguna manusia melalui siaran langsung video, meningkatkan kemungkinan mereka melihat informasi penting sebelum terlambat. Departemen ini juga bekerja secara aktif untuk meningkatkan empati pada robot, dan baru diuji apakah robot simulasi dalam layar lebih berempati dari robot nyata. Hasilnya? Orang jauh merasa kasihan dengan robot nyata daripada robot di layar.

Saya menyambut kaisar robot berekor yang berempati.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaMelihat Ramalan Perubahan Iklim Bumi dari Ratusan Ribu Tahun Umur Es
Berita berikutnyaPanglima TNI Geram Karena Hasil Panen Petani Dibeli Murah