Tak Banyak yang Tahu, Ini Dua Alat untuk Amankan Data Pribadi Anda di Facebook


SURATKABAR.ID – Bagi para pengguna sosial media Facebook, Anda tentunya sudah paham betul jika satu like dari jempol ataupun juga informasi mengenai diri akan bisa digunakan untuk tujuan komersil.

Untuk itulah, Facebook menawarkan beragam privacy setting atau pengaturan pribadi yang sangat memungkinkan Anda untuk menyortir hal-hal yang diupload ke Facebook. Tentunya, tidak semua hal ingin diperlihatkan ke publik bukan?

Nah, ternyata ada dua alat yang bisa Anda gunakan untuk ‘menyelamatkan’ berbagai informasi yang dimiliki. Dua alat tersebut adalah Data Selfie dan Stalkscan.

Amati Diri Sendiri

Data Selfie merupakan sebuah ekstensi open source Chrome yang menjabarkan bagaimana Anda menggunakan Facebook, seperti ketertarikan, pandangan, dan lain sebagainya. Sedangkan Stalkscan merupakan fitur yang akan memudahkan Anda menggali informasi pengguna Facebook yang memang di-setting secara publik.

Baca juga: Terkuak! Begini Asal Usul Si “Burung Ungu” yang Kini Viral di Facebook

Stalkscan ini merupakan buatan dari hacker yang bernama Inti De Ceuklaire. Dilansir dari mashable.com, Inti De Ceuklaire menyebutkan jika ‘alat’ ini hanya diperuntukkan untuk mereka yang perduli dengan privasi dirinya, terlebih lagi untuk masyarakat intelektual dan komunitas-komunitas dalam pendidikan.

Sementara Regina Flores Mir dan Hang Do Thi Duc yang menciptakan Data Selfie selain bertujuan untuk menjaga privasi saat online, mereka juga menginginkan jika Facebook bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh para penggunanya, contohnya saja mengiklankan barang yang sedang mereka cari.

Tidak seperti Stlakscan yang melacak data-data, Data Selfie ini lebih untuk melihat ketertarikan dari para penggunanya. Stalkscan ini tidak melanggar privacy apapun karena memang hanya bisa melihat hal-hal yang diunggah secara publik atau umum.

Manfaat Menggunakan Dua Alat ‘Pelacak’ Ini

Stalkscan sangat bagus digunakan untuk mengingatkan berbagai konten yang pernah diupload atau dibagikan ke Facebook dan mungkin juga Anda telah lupa. Sementara untuk Data Selfie sendiri akan menunjukkan bagaimana aktivitas-aktivitas yang akan menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya.

Baca juga: Benarkah Kode “@[4:0]” di Facebook Bisa Menangkal Hacker?

Untuk melihat bagaimana Anda menggunakan Facebook, Data Selfie setidaknya bisa membantu. Flores Mir percaya jika saat ini sangat penting sekali untuk peduli bagaimana sesuatu terjadi dan bagaimana Anda bisa mengontrolnya.

Memang benar dua alat ini tidak akan bisa melarang atau mencegah orang untuk melihat profil Anda. Meski begitu, setidaknya Anda bisa mengontrol orang-orang untuk menggali informasi yang lebih dalam mengenai Anda. Dengan melihat unggahan yang di-share secara publik, Anda bisa mengaturnya di privacy setting.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaAjaib! Cairan Ini Bikin Ponselmu Tahan Banting
Berita berikutnyaKonyol! Kiper Ini Membelakangi Pemain Lawan Saat Pinalti