Pemulung Ini Sumbang 330 juta untuk Sekolahkan 37 Siswa Miskin


SURATKABAR.ID – Tak harus jadi orang kaya untuk bisa berbagi dengan sesama. Pemulung bernama Zhao Yongjiu ini membuktikan bahwa meski hanya bekerja sebagai pemulung, ia masih bisa berbagi dengan sesama.

Pria 56 tahun ini tiap pagi berangkat pukul setengah lima untuk memulung sampah. Aktivitasnya ini baru ia hentikan malam hari dan pulang ke rumah pukul sembilan malam.

Laman Shanghaiist melaporkan, Zhao mendapatkan pengasilan sekitar Rp 4,6 juta perbulan dari hasil memulung. Penghasilannya ini kemudian sebagian ia sisihkan untuk disedekahkan.

Membutuhkan waktu yang tak sebentar memang untuk mengumpulkan uang hingga dianggapnya cukup untuk membantu orang lain. Namun, setelah 30 tahun menyisihkan penghasilannya, Zhao berhasil mengumpulkan uang Rp 330,5 juta.

Baca juga: Wow! Pemuda 28 Tahun Nikahi Nenek 82 Tahun Karena Ini

Uang ini kemudian dia dermakan untuk membantu biaya pendidikan 37 anak yang berasal dari keluarga miskin.

Bukan hanya menyisihkan penghasilannya, Zhao juga menjual rumahnya dan memilih untuk tinggal di sebuah rumah kontrakan untuk memastikan bahwa uang yang diberikannya bisa benar-benar membantu anak-anak itu.

Menurut Zhao, apa yang dilakukannya ini merupakan balas budi. Ia mengisahkan bahwa sang ayah meninggal pada 1976. Setelah itu, ia dan ibunya berjuang keras untuk bertahan hidup.

Ditengah kesulitan yang menimpanya, ia mendapatkan kemurahan hati dari tetangga serta teman-temannya. Berkat bantuan mereka, Zhao dan ibunya berhasil melalui masa-masa sulit dengan baik.

Ia kemudian bersumpah tidak akan pernah melupakan kebaikan dan bantuan mereka. Zhao juga memutuskan untuk mengabdikan hidupnya untuk mereka yang membutuhkan.

Kisah hidup Zhao ini kemudian menjadi topik hangat di media sosial Cina. Netizen dibuat takjub akan kemurahan hati Zhao dan perjuangannya untuk membantu sesama. Zhao juga telah membuktikan pada dunia bahwa tak harus menjadi kaya untuk bisa bersedekah dan membantu sesama.

Kisah hidup Zhao ini semoga bisa menjadi inspirasi dan contoh bagi kita semua.