Mengejutkan! Begini Hasil Hitung Cepat Versi Litbang Kompas


SURATKABAR.ID – Quick count atau hitung cepat Litbang Kompas Pilkada DKI Jakarta 2017 telah dimulai pada Rabu (15/2/2017) tepatnya pada pukul 13.50 WIB. Banyak pihak yang harap-harap cemas menunggu hasil Pilkada DKI Jakarta periode 2017-2022.

Sampai saat ini pukul 15:25 WIB, suara yang masuk sudah mencapai 31,75 persen. Menurut pantauan sampai saat ini di Pusat Data Hitung Cepat Litbang Kompas pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat mengungguli perolehan sementaran dengan perolehan 42,73 persen.

Selanjutnya menyusul di belakangnya pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan perolehan sebesar 39,34 persen. Dan yang paling buncit ada Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni dengan perhitungan suara sebesar 17,93 persen.

Pihak peneliti dari Litbang sendiri yakni Ratna Sri Widyastuti menyebutkan jika perolehan suara saat ini masih bersifat sementara dan bisa berubah sewaktu-waktu. Apalagi melihat data yang masuk baru 31,75 persen dari semua totalnya.

Baca juga: Memanas, Antasari Sebut Nama Ibas dalam Kasus Suap IT KPU

Dari 37,75 persen tersebut, terhitung suara sah mencapai 80,81 persen. Sementara yang tidak sah adalah 1,18 persen dan suara yang tidak digunakan adalah 18,01 persen. Sebagai informasi saja, Litbang Kompas ini merupakan hitung cepat dan bukan dari resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tentunya hasil quick count ini berbeda di setiap lembaga survei yang ada.

Pencoblosan sendiri telah selesai dilaksanakan pada Rabu (15/2/2017) dan dimulai sejak pukul 07:00 WIB sampai pukul 13:00 WIB. Dan saat ini telah berlangsung penghitungan cepat dari berbagai lembagas survei, termasuk Litbang Kompas ini.

Kontestan dalam Pilgub kali ini ada 3 pasangan yakni, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Masing-masing calon tersebut memantau hasil perkembangan di lokasi yang telah dietapkan.