Yenny Wahid Peringatkan Ahok agar Urungkan Niatnya Melaporkan Ketua MUI ke Polisi


SURATKABAR.ID – Yenny Wahid, aktivis sekaligus Direktur Wahid Institute meminta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengurungkan niatnya untuk melaporkan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin ke polisi.

Imbauan Yenny tersebut terkait rencana pihak Ahok yang akan memperkarakan secara hukum kesaksian Ma’ruf Amin di persidangan Ahok yang terakhir, Selasa (31/1/2017).

“Kami berharap agar baik Pak Ahok maupun pengacaranya mengurungkan niatnya untuk membawa KH Ma’ruf Amin ke pangadilan menyangkut kesaksian beliau hari ini,” kata Yenny, melalui pernyataan tertulis, Selasa (31/1/2017), dikutip dari tribunnews.com.

Anak mantan presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur) sekaligus cicit dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari tersebut berharap Ahok mempertimbangkan situasi kebatinan masyarakat yang akhir-akhir ini mudah terpecah belah.

Yenny menganggap banyaknya aksi saling lapor belakangan ini telah banyak menguras energi masyarakat.

“Alangkah eloknya kalau justru Pak Ahok menunjukkan sikap besar hati dan memilih pendekatan dialogis dengan pihak KH Ma’ruf Amin,” ucap Yenny.

Ia juga berpesan kepada masyarakat agar bersikap tenang dan berupaya mengedepankan klarifikasi ketika berhadapan dengan berbagai masalah. Hal tersebut adalah bagian dari upaya untuk mencegah konflik horizontal.

Seperti diberitakan sebelumnya jika Ahok keberatan dengan kesaksian dari Ketua MUI di persidangan terkahirnya yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Auditorium Kementan, Jakarta Selatan.

Seperti dilansir liputan6.com, salah satu keberatan Ahok adalah ketika Ma’ruf sempat tidak mengakui pernah bertemu Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni pada 7 Oktober 2016 atau tanggal sesudah kejadian dugaan penistaan agama terjadi.

“Artinya saudara saksi sudah tidak pantas jadi saksi karena sudah tidak objektif lagi. Ini sudah mengarah mendukung paslon nomor satu. Ini jelas sekali tanggal 7 Oktober,” kata Ahok.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPartai Demokrat Geram dengan Tudingan Ahok ke Ma’ruf Amin
Berita berikutnyaKuasa Hukum Ahok Tuding Ketua MUI Beri Kesaksian Palsu