Kasihan, Anak SD Keliru Sebut Ikan Tongkol Kabarnya Terkena Disleksia


    SURATKABAR.ID – Pada Kamis (26/1/2017) mendadak viral video seorang anak SD salah menyebut nama ikan tongkol di depan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

    Anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar tersebut salah menyebutkan nama ikan tongkol menjadi K*nt*l. Sontak hal tersebut mendapatkan tanggapan yang sangat beragam dari netizen. Ada yang ketawa terbahak-bahak, tertawa geli, sampai ada yang kontra menanggapi hal tersebut.

    Mulanya, Presiden Jokowi meminta anak SD tersebut untuk menyebutkan empat macam ikan. Anak tersebut berhasil menyebutkan nama tiga ikan dengan benar, seperti ikan lele, ikan teri, dan juga ikan paus. Namun sayang, ikan yang terakhir sejatinya adalah ikan tongkol salah eja.

    Terlihat anak tersebut menyesal dan berusaha mengingat nama ikan yang benar. Meskipun sudah dibantu perlahan oleh Pak Jokowi, anak tersebut sayangnya masih salah mengeja nama ikan tongkol. Setelah menyebutkan dengan benar Presiden memberikan sepeda kepada anak tersebut.

    Sebelumnya, akun instagram firasetiawan09 mengunggah video anak tersebut namun kemudian langsung dihapus. Hal tersebut lantaran ada saudara anak tersebut yang memintanya untuk menghapusnya.

    “Video tdi ijk hapus ya karena ada kerabat dia yg minta video itu d hapus”

    Tapi si anak polos lagi katanya dpt sepeda… moga bisa bermanfaat ya dek hadiahnya repost : indowarkop,” tulis akun firasetiawan09.

    Karena menjadi viral, banyak meme-meme bertebaran di dunia maya. Ditengah viralnya video tersebut, beberapa netizen menyebutkan jika anak SD itu kabarnya tengah mengalami disleksia. Disleksia sendiri merupakan suatu gangguan proses belajar dimana seseorang mengalami kesulitan membaca, mengeja, dan menulis.

    Penderita disleksia juga kesulitan untuk mengidentifikasi bagaimana kata-kata yang diucapkan harus diubah menjadi bentuk huruf dan kalimat serta sebaliknya.

    “Dia punya disleksia, mohon jgn disebar lg videonya. Kasian,” komentar aq_eirius.

    “Ini anak menderita disleksia,” komentar mia_alyssandrina17.

    “Anak tsb katanya mengalami dislexia makanya suka salah menyebutkan kata meskipun diulang… terima kasih sdh dihapus,” komentar cardinal_deasy.

    “Sepertinya adek ini punya disleksia, jangan diketawain, kasiaan,” komentar gitauncis.

    Entah berita menderita disleksia itu benar atau tidak, sebagai orang yang lebih dewasa sebaiknya kita bijak dalam meyikapinya. Stop mentertawakan anak tersebut mulai dari dari sekarang.