Dorong Perbaikan Sepak Bola Nasional, Ini 4 Permintaan Jokowi


    SURATKABAR.ID – Perjuangan Tim Nasional Indonesia dalam Piala AFF 2016 memang belum bisa membawa pulang piala. Namun, menurut Presiden Joko Widodo, perjuangan ini merupakan bukti bahwa saat inilah momentum kebangkitan sepak bola nasional.

    Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Jokowi ini menegaskan bahwa pemerintah akan terus memberikan perhatian untuk mempercepat pembangunan sepak bola nasional Indonesia.

    “Karena itulah, pemetintah akan terus memberikan perhatian untuk mempercepat pembangunan sepak bola nasional kita,” tegas Jokowi dalam Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (24/1/2017), dikutip tribunnews.com.

    Dalam rangka mendorong perbaikan sepak bola nasional, dalam rapat yang dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan beberapa Kementrian di Indonesia ini Jokowi meminta empat hal.

    Berdasarkan rilis Sekretariat Kabinet Negara, berikut empat hal yang diminta Jokowi untuk membangkitkan sepak bola Indonesia:

    1. Pembinaan sepak bola harus dilakukan sejak usia dini.
    2. Pembenahan total terhadap sistem dan tata kelola kompetisi sepak bola nasional agar lebih kompetitif, berkualitas, dan mengusung fair play.
    3. Pembenahan manajemen klub harus jadi perhatian semuanya. Presiden akan meminta masukan dan keinginan dari PSSI.
    4. Persiapkan infrastruktur stadion atau tempat latihan yang memenuhi syarat.

    Beberapa waktu lalu, saat Indonesia dan Thailand bertanding, Jokowi tengah berkunjung ke Iran. Meski begitu, ia menyempatkan diri menyaksikan kegigihan Tim Garuda dalam laga Final Piala AFF 2016.

    Bahkan, Jokowi juga sempat mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan dirinya tengah berada di sebuah ruangan sambil menonton tayangan melalui laptop. Meski tak terlihat dengan jelas, namun Jokowi tampak tengah menyaksikan pertandingan sepak bola.

    Tak lupa, orang nomor satu di Indonesia ini menuliskan caption berisi ucapan selamat untuk tim Garuda yang berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 dalam final AFF leg pertama.

    “Selamat…selamat…selamat..Untuk Tim Nasional Indonesia,” tulisnya.