MUI Bakal Panggil Istibsyaroh Selepas Pulang dari Israel


SURATKABAR.ID – Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam waktu dekat akan segera melakukan pemanggilan kepada anggotanya yang diketahui melakukan lawatan ke Israel. Anggota MUI tersebut adalah Istibsyaroh dari Jawa Timur bertemu dengan Presiden Israel Reuven Rivlin beberapa waktu yang lalu.

Istibsyaroh saat ini masih berada di Arab Saudi dan memunaikan umrah.

“Beliau akan diminta untuk menjelaskan masalah kunjungannya ke Israel tersebut,” papar Anwar Abbas selaku Sekretaris Jenderal MUI pada Selasa (24/1/2017) dikutip dari tribunnews.com.

Anwar mengungkapkan jika keputusan itu diambil setelah melakukan rapa internal Dewan Pimpinan MUI Pusat yang diikuti oleh para petingginya. Mereka adalah Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin, Ketua MUI Yusan Yusuf Rangkuti dan unsur MUI lainnya.

Rapat internal itu berlangsung tertutup di kantor MUI Pusat yang beragendakan membahas kunjungan Istibsyaroh ke Israel. Anwar mengutarakan jika tidak terjadi perdebatan tajam soal sikap MUI atas keputusan pemanggilan Istibsyaroh.

Pertemuan Istibsyaroh dan Rivlin sebelumnya disiarkan dalam laman resmi Kementerian Luar Negeri Israel. Foto MUI Jawa Timur tersebut terpampang dengan jelas bersama degan beberapa orang lainnya serta dengan Presiden Rivlin.

Dalam siaran pers yang berjudul “President Rivlin meets Muslim leaders from Indonesia” Rivlin dilaporkan menerima baik delegasi dari Indonesia tersebut. Kepada Istibsyaroh dan delegasinya Rivlin mengungkapkan jika demokrasi yang terdapat di Israel bukan hanya untuk Yahudi saja melainkan untuk semua orang.

Nadjamuddin Ramli sekali Wakil Sekretaris Jenderal MUI mengakui jika Istibsyaroh adalah anggota Komisi Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga MUI yang bertemu dengan Presiden Israel. Nadjamuddin mengungkapkan jika keberangakatan Istibsyaroh ke Israel merupakan inisiatif pribadi dan tidak mewakili institusi MUI.

Untuk mengatasi masalah Istibsyaroh itu, MUI membentuk tim khusus untuk meminta keterangan Istibsyaroh. Lalu tim tersebut akan menilai hasil klarifikasi yang disampaikan oleh Istibsyaroh. Tim tersebut terdiri dari Sekjen MUI, Wasekjen MUI dan Ketua Umum bidang Luar Negeri MUI.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaShopia Latjuba Unggah Foto Jadul Ayahnya, Netizen Bilang Mirip Ariel
Berita berikutnyaCuitan Menohok dari Anas Urbaningrum. Sindir SBY?