Coba Panser Anoa, Jokowi: Tadi Semua Deg-degan


SURATKABAR.ID – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Senin (16/1/2017) langsung mencoba kendaraan baru TNI, Panser Anoa Amfibi yang baru saja dibeli dari PT Pindad, di lingkungan Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Beliau, menjajal kendaraan baru tersebut sebelum membuka Rapat Pimpinan TNI Pertama di Tahun 2017.

Berkesempatan untuk menjajal langsung kendaraan baru milik TNI tersebut, Presiden Jokowi menyisakan cerita. Mantan Wali Kota Solo ini merasa deg-degan saat menaikinya. Beliau menyebrangi danau dengan kedalamam kurang lebih 3 meter dan panjang sekitar 300 meter, dari gerbang utama Delta II menuju ke Markas Besar TNI.

 “Tadi semua deg-degan, tapi saya yakin bahwa produk itu memiliki kualitas yang baik. Tadi dapat kita lihat masuk ke air tenang sekali dan bisa ke darat lagi,” papar Presiden Jokowi setelah naik Panser milik TNI, pada Senin (16/1/2017), dikutip dari tempo.co.

Saat menaiki kendaraan tersebut, orang nomor satu Indonesia itu didampingi secara langsung oleh pimpinan TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. Selain itu juga didampingi oleh dua prajurit perempuan TNI Angakatan Darat, Serda (K) yang memegang kendali kendaraan adalah Lutfiah (Pussenif Kodiklat TNI AD) serta Serda (k) Melysa Situmorang (Pusdikif TNI AD).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga berharap jika kendaraan tempur buatan negeri itu bisa bersaing dan memiliki pasar yang luas, tidak hanya untuk dalam negeri saja,

“Jangan hanya tergantung pesanan TNI atau Polri. Kalau TNI dan Polri wajib ke sana, tapi apakah seperti itu terus, kan tidak? Mestinya harus berani keluar, menjual ke negara lain,” tambah Presiden Jokowi.

Untuk mencapai hal itu Presiden Jokowi memberikan kuncinya yaitu menekan biaya produk agar bisa lebih kompetitif dan laku di pasaran luas. Spesifikasi Panser Anoa Amfibi tersebut memiliki kapasitas bahan bakar 200 liter.

Mampu berjalan dengan kecepatan 80 km per jam di jalan raya serta 30 km di medan off road ditambah lagi untuk medan air 10 km per jam. Konfigurinya, 6 x 6, dengan panjang 6 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 2,63 meter dan beratnya mencapai 12,5 ton.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaLouis Van Gaal Pensiun, Inilah Alasannya
Berita berikutnyaLurah Cantik Suka Blusukan di Bogor Ini Bikin Heboh Warga