Mengejutkan, Ternyata Begini Judul Skripsi Jokowi Saat Kuliah di UGM


skripsi

SURATKABAR.ID – Presiden Joko Widodo merupakan salah satu tokoh politik yang banyak dibicarakan oleh netizen. Bukan hanya tentang kepemimpinannya sebagai Presiden RI sejak 2014 lalu, pakaian yang dikenakan Jokowi pun menjadi perhatian para pengguna internet.

Presiden yang merakyat ini dulunya merupakan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Setelah lulus dari pendidikan tingginya, Jokowi kemudian merintis usaha mebel.

Nah, salah seorang blogger tergerak untuk membuat tulisan tentang skripsi yang pernah dibuat Jokowi ketika masih mengenyam bangku pendidikan tinggi.

Lewat blog hairicipta.blogspot.co.id, blogger ini mengunggah foto Jokowi ketika masih menjadi mahasiswa. Tak lupa juga foto skripsi yang pernah ditulisnya.

Jokowi tercatat sebagai mahasiswa UGM di Fakultas Kehutanan, Jurusan Teknologi Hasil Hutan. Nomor mahasiswanya adalah 1681-KT.

Sementara itu, untuk skripsinya Jokowi mengupas tentang konsumsi pemakaian kayu di Surakarta yang merupakan tanah kelahirannya.

skripsi jokowi

Skripsi karyanya tersebut memiliki judul “Studi Tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis Pada Pemakaian Akhir di Kotamadya Surakarta”.

Untuk menyelesaikan karya tulisnya tersebut, Jokowi dibimbing oleh Profesor Achmad Soemitro dan Profesor Soenardi Prawirohatamdjo yang kala itu menjabat sebagai dekan Fakultas Kehutanan.

Jokowi berhasil menyelesaikan studi S1-nya selama 5 tahun. Ia lulus pada 1985 dan memiliki nomor alumni 1120.

Tak hanya tentang skripsi Jokowi, blogger ini juga menampilkan foto Jokowi di buku alumni.

jokowi

Dalam foto tersebut, Jokowi tampak mengenakan kacamata dengan gaya yang populer di tahun itu. Dalam foto itu juga, Jokowi terlihat lebih kurus dibanding saat ini.

20 tahun setelah lulus dari UGM, Jokowi memulai karier politiknya sebagai Wali Kota Surakarta di tahun 2005.

Tujuh tahun setelahnya, tepatnya 20 September 2012, Jokowi berhasil memperoleh suara dari rakyat dan memenangkan Pilkada Jakarta 2012.

Dua tahun kemudian, atas mandat dari Megawati, ia mencalonkan diri sebagai Presiden RI. Tepat di tanggal 20 Oktober 2014, Jokowi resmi menjabat sebagai Presiden RI hingga saat ini.