Jenguk KH Hasyim Muzadi, Pangdam dapat Nasehat


hasyim muzadi

SURATKABAR.ID – KH Hasyim Muzadi masih dirawat di Rumah Sakit Lavalette Kota Malang untuk kesembuhannya. Meski begitu, dibanding memikirkan tentang penyakitnya, Hasyim Muzadi lebih peduli pada kondisi bangsa Indonesia.

Hal ini terbukti dari penuturan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana. Saat menjenguk Hasyim di rumah sakit, pada Rabu (11/1/2017), ia mendapatkan wejangan dari sang kyai.

10 menit berbincang, Sukadana menyebutkan bahwa kondisi Hasyim kini makin membaik. Hasyim pun sempat memebrikan wejangan padanya mengenai bahaya komunis.

“Tidak bercerita masalah sakitnya, namun meski kini sedang sakit beliau tetap memikirkan bangsa karena beliau sosok yang sangat nasionalis dan prihatin dengan kondisi bangsa saat ini,” jelas Sukadana seperti dilansir republika.co.id.

Hasyim juga berharap agar TNI dan para kyai disertai dukungan dari rakyat dapat menjaga persatuan bangsa Indonesia.

Selain Sukadana, sebelumnya Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Kapolres Malang Kota AKBP Decky Hendarsono, Kepala Brimob Ampeldento Detasemen B AKBP Sunadi, serta Wakil Wali Kota Malang Sutiaji juga menjenguk Hasyim.

Setelah 15 menit dalam ruang rawat inap yang ditempati Hasyim, Kapolda Jatim keluar dan menerangkan kondisi mantan ketua umum PBNU itu.

Seperti halnya Sukadana, Machfud juga menyebut bahwa kondisi Hasyim makin baik. Bahkan telah lancar berkomunikasi meski masih terbaring lemah.

“Beliau memberi wejangan kepada generasi muda untuk mejaga perdamaian dan kerukunan. Saya sebagai pejabat baru banyak sowan ke kiai dan diberi wejangan untuk bersilaturahim ke kiai-kiai sepuh,” tuturnya.

Machfud juga menuturkan bahwa KH Hasyim Muzadi belum banyak berbicara karena kondisi kesehatannya.

“Tadi beliau berbincang-bincang sambil berbaring,” jelas Machfud.

Sementara itu, dokter yang menangani KH Hasyim Muzadi pun telah memberikan surat pemberitahuan tentang kondisi kesehatan Hasyim yang kini makin membaik.