Lupakan Diet! Lakukan Gerakan Yoga Ini Untuk Menurunkan Berat Badan!


Tren untuk menjadi kurus atau menjaga berat badan tampaknya tidak akan berhenti. Makanan yang semakin beraneka rupa, tingkat stress yang tinggi memicu semakin buncit perut. Tapi sayangnya beberapa program diet yang diklaim bisa menurunkan berat badan, ternyata tidak dapat bekerja di semua orang. Ada beberapa orang yang akhirnya menyerah dengan program diet mereka.

Beberapa orang mencoba untuk pergi ke gym, tapi untuk orang orang kaum pekerja, sepertinya pergi ke gym hanyalah mimpi belaka. Waktu dan tenaga sudah habis untuk pekerjaannya dan sudah tidak sempat lagi pergi ke gym.

Tapi jangan kuatir, anda bisa mencoba Yoga! Program latihan ini bisa dilakukan dimanapun, kapanpun. Anda bisa mengontrol tubuh dan pikiran anda, perut kurus pun sudah bukan sebuah mimpi lagi.

Tunggu apa lagi! Pelajari Yoga ini dan ucapkan selamat datang ke perut yang rata!

1. Pemanasan dengan Tadasana (Pose Gunung)

1

Tadasana adalah pose pemanasan yang ideal, untuk memperlancar peredaran darah.

Tahapannya : Berdiri tegak lurus, kedua tangan lurus dan menutup di sisi tubuh anda. Regangkan tangan anda ke depan dengan kaki berjinjit. Bernapas seperti biasa dan tahan posisi 20-30 detik.

Lakukan 10 kali secara bertahap

2. Surya Namaskar (Pose Matahari)

2

Surya Namaskar pada dasarnya adalah pertemuan ke dua belas posisi Yoga yang masing masing berdampak besar untuk kesehatan tubuh. Lakukan gerakan sama persis seperti di gambar dan mulailah 5 putaran perlahan lahan, dan tingkatkan jumlahnya secara bertahap.

Siapkan sebotol air dan minumlah setiap pengulangan dan istirahat selama 15 detik sebelum anda mengulangi gerakan Surya Namaskar.

3. Padahastasana (Pose Berdiri Membungkuk)

3

Perut anda akan benar benar ditekan dan memaksimalkan pembakaran lemak. Posisi ini membantu mengencangkan bagian bawah perut.

Tahapan : Berdiri dengan pose Tadasana, lanjutkan dengan tarik tangan anda keatas dan hirup napas dalam dalam. Selanjutnya buang napas anda dan membungkuk hingga sejajar dengan lantai, dan tahan nafas anda, tahan posisi 60 hingga 90 detik. Terakhir kembalilah ke posisi Tadasana.

Ulangi asana 10x dan beristirahatlah 10 detik diantara 2x pengulangan.

4. Paschimottanasana (Pose Duduk Membungkuk)

4Ini adalah pose dasar Hatha Yoga, bagus untuk anda yang mengalami gangguan pencernaan. Gerakan ini hampir sama dengan Padahastasana hanya saja ini dilakukan sambil duduk. Untuk pemula yang belum terbiasa dengan gerakan ini bisa mencobanya dengan menyentuh paha dahulu sebagai permulaan.

Lakukan secara bertahap mulai dari 10 kali hingga diatas 25 kali

5. Pavanamuktasana (Pose Angin)

5Pose ini membantu mengurangi masalah lambung, termasuk gangguan pencernaan dan sembelit. Bisa juga membantu pembakaran lemak dalam darah.

Tahapan : Berbaring dengan posisi terlentang, kaki lurus, dan tangan di samping tubuh anda. Tekuk kedua lutut hingga ke perut. Kalau memungkinkan tekuk kepala anda hingga dagu menyentuh lutut.
Tahan posisi selama 60 – 90 detik, dan ulangi 8-10 kali, dan istirahatlah 15 detik setiap mengulang gerakan anda.

6. Naukasana (Pose Kapal)

6Ini adalah pose yang paling dicari, karena apabila dilakukan secara rutin dapat membuat perut anda menjadi rata.

Tahapan : Berbaring terlentang dengan kaki lurus dan jari kaki menghadap langit langit. Tangan disamping telapak tangan menghadap tanah. Tarik napas dalam dalam, dan lepaskan berbarengan dengan mengangkat kepala, dada dan kaki sehingga membentuk seperti kapal.

Tahan posisi selama 30-60 detik dan ulangi secara bertahap. Beristirahat selama 10 detik setiap mengulangi

7. Ushtrasana (Pose Unta)

7Pose ini bagus untuk mengencangkan otot perut

Tahapan : Posisi duduk, dengan perlahan angkat tubuh anda sampai anda setengah berdiri dengan lutut. Dengan perlahan lengkungkan punggung anda hingga tangan menyentuh pergelangan kaki anda.

Tahan posisi 20-30 detik, dan ulangi secara bertahap

8. Uttanpadasana (Pose Kaki Terangkat)

8Pose ini membantu dalam menyingkirkan lemak di daerah perut bagian bawah serta pinggul, dan paha.

Tahapan : Berbaring dengan badan lurus, tarik napas dalam dalam dan dengan perlahan angkat kaki anda ke atas hingga lurus sembari membuang napas pelan pelan. Bernapas secara normal dengan posisi kaki diatas.

Tahan posisi 15-30 detik, dan ulangi secara perlahan. Istirahat 15 detik setiap mengulang

9. Marjariasana (Pose Sapi atau Pose Kucing)

9

Kontraksi yang kuat selama melakukan pose ini, membantu dalam mencairkan lemak dan mengurangi ukuran perut.

Tahapan : Duduk dengan rileks, dan pelan pelan lakukan posisi seperti di gambar. Angkat kepala dan dorong punggung bawah sehingga berbentuk cekung. Tarik napas dalam dalam dan tahan sekitar 15-30 detik. Saat selesai buang napas pelan pelan dan lengkungkan punggung ke atas untuk menyeimbangkan tubuh anda.

Ulangi secara bertahap

10. Bhujangasana (Pose Kobra)

10Kalau anda mengeluh sakit punggung, pose ini sangat bagus untuk mengurangi sakit pada punggung anda.

Tahapan : Berbaring rileks dan lurus, ambil napas dalam dalam dan pelan pelan angkat tubuh anda dari pinggang ke atas. Namun pastikan punggung anda tidak menyakiti punggung anda dalam proses ini.

Tahan posisi 30-60 detik dan bernapaslah dengan normal. Ulangi secara bertahap. Istirahat 15 detik setiap mengulang

11. Dhanurasana (Pose Busur)

11Pose ini bagus untuk mengencangkan perut, punggung, paha, lengan serta dada.

Tahapan : Berbaring tengkurap dan lurus, tarik napas dalam dalam dan lengkungkan badan kebelakang hingga bisa memegang pergelangan anda.

Tahan posisi 15-30 detik dan lepaskan perlahan berbarengan dengan membuang napas. Ulangi secara bertahap

12. Relaksasi

12

Berbaring dengan rileks, tarik napas dalam dalam dan lepaskan perlahan, Rasakan sensasi rileks mengalir di dalam tubuh anda.

Itulah tadi beberapa posisi Yoga yang bisa membantu mengikis lemak di dalam tubuh, jangan lupa dipraktekkan supaya dapat hasil terbaik. Jangan lupa juga dibagikan artikelnya, biar bisa ngebantu temen – temen kamu jadi kurus juga 🙂


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita berikutnyaMengharukan, Dua Bayi Prematur Ini Selalu Berpegangan Tangan