Ternyata Bukan Ingin Mencetak Banyak Gol, Inilah Resolusi Ibrahimovic di Tahun 2017

Menyerang Adalah Pertahanan Yang Paling Baik


000ibara-1SURATKABAR.ID – Zlatan Ibrahimovic dikabarkan telah bergabung dalam tim Manchester United sejak awal Juli 2016 lalu. Posisinya sebagai penyerang paling depan alias striker ternyata tidak menginspirasinya untuk mencetak lebih banyak gol. Apalah penyebabnya?

Seperti diinformasikan oleh bola.kompas.com pada Senin (02/01/2017), Ibrahimovic justru malah mempunyai strategi lain. Pemain sepakbola kelahiran Swedia ini ingin meningkatkan satu lebih banyak memberi assist atau umpan berujung gol kepada timnya pada tahun 2017 ini.

Ada pun pada musim ini Ibrahimovic yang didatangkan langsung dari juara Prancis Paris Saint-Germain, terhitung telah mencetak 17 gol bagi Manchester United, yang 12 gol diantaranya berhasil dicetak di Premier League.

“Saya ingin lebih banyak memberi assist,” ujar pemain berusia 35 tahun ini kepada Times of India, seperti dikutip dari FourFourTwo.com.

Ibrahimovic ternyata lebih tertarik menggunakan taktik berbagi “kasih” dan mempersilahkan pemain lain untuk mencetak gol, dengan dia sebagai “back up assist dari belakang layar”. Niatnya ini disebutkan menjadi bagian dari resolusinya untuk tahun baru 2017.

“Bagi saya, memberi assist adalah seperti mencetak gol sendiri. Itu bagian dari permainan saya,” tuturnya.

Pemikiran ini didukung oleh sudut pandangnya bahwa sepak bola merupakan permainan tim. Menurutnya, tidak adil jika seorang pemain sepakbola hanya mengunggulkan dirinya sendiri tanpa melibatkan kerja sama dari para pemain lainnya. Jika seorang pemain hanya memikirkan bagaimana mencetak gol untuk mengharumkan namanya sendiri, itu berarti dia telah egois.

“Permainan ini adalah tentang apa yang terjadi kepada tim. Jika seorang pemain terlalu fokus pada mencetak gol, itu berarti dia hanya fokus kepada dirinya sendiri,” sambung Ibarhimovic.

“Saya di sini untuk membantu tim saya. Saya ingin memenangi piala dengan tim ini,” pungkasnya. Zatlan Ibrahimovic mengakhiri tahun 2016 dengan menyumbangkan total 50 gol sejak membela Prancis Paris Saint-Germain hingga Manchester United.

Prancis Paris Saint-Germain merupakan klubnya yang terdahulu sebelum akhirnya bergabung dengan Manchester United. Selain bakatnya dalam bersepakbola yang sudah tampak sejak kecil, diketahui Ibrahimovic juga fasih menguasai bahasa Bosnia, Inggris, Spanyol, dan Italia. Ibra juga ternyata memegang sabuk hitam kehormatan Taekwondo.

Dikenal sebagai top scorer sepanjang masa dari Swedia, sebagai bentuk penghormatan pemerintah Swedia sempat mengeluarkan 5 perangko bergambar Ibra pada tahun 2014 silam.

000prangko-ibra