Selamat, Jokowi Dinobatkan Sebagai Presiden Terbaik Asia-Australia Versi Bloomberg


    selamat-jokowi-dinobatkan-sebagai-presiden-terbaik-asia-australia-versi-bloomberg-cover

    SURATKABAR.IDPresiden Republik Indonesia, Joko Widodo dinobatkan menjadi presiden terbaik 2016 di antara delapan negara Asia-Australia. Penempatan tersebut dilakukan oleh Bloomberg berdasarkan pada tiga indikator, yaitu nilai tukar rupiah, pertumbuhan ekonomi, dan juga penerimaan publik.

    Bloomberg sendiri merupakan sebuah media khusus yang selama ini menjadi rujukan riset. Media ini bukan hidup dari iklan ataupun sebaginya.

    Bahkan, Bloomberg ini ikut bersinegri dan membiayai berbagai LSM, di Tanah Air saja contohnya ICW untuk medapatkan hasil yang aktual dan sangat terpercaya.

    Member dari Bloomberg ini orang-orang yang mapan dan tidak ada sangkut pautnya dengan politik.

    Berdasarkan sumber yang dilansir di Bloomberg, Indonesia mengalami peningkatan nilai tukar rupiah sebesar 2,41 persen. Selain itu menjaga pertumbuhan ekonomi dengan nilai 4, 02 persen, hitungan tahun ke tahun. Selanjutnya, indikator ketiga yaitu perihal penerimaan publik cukup tinggi sekitar 69 persen.

    selamat-jokowi-dinobatkan-sebagai-presiden-terbaik-asia-australia-versi-bloomberg-b

    Penilaian tersebut didasarkan pada riset Bloomberg dan Munjani Research and Consulting dari 2015-Oktober 2016. Tidak hanya itu saja, Presiden Jokowi ternyata juga dinilai oleh Bloomberg sebagai seseorang yang lihai dalam berpolitik. Hal ini terbukti bahwa dirinya sudah bisa ‘menguasai’ 2/3 kursi di parlemen.

    Tantangan terbesar yang perlu untuk dituntaskan oleh mantan Wali Kota Solo ini pada tahun 2017 adalah memastikan program amnesti pajak yang digalakkannya berjalan dengan baik dan mendorong petumbuhan ekonomi untuk lebih baik lagi.

    Sementara itu, Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye menjadi jajaran terpayah versi Bloomberg. Ketiga indikator yang disebutkan dinilai menurun. Nilai tukar Won menurun 2.87 persen, kenaikan pertumbuhan ekonomi sekitar 2.6 persen, dan penerimaan publik turun sekitar empat persen.

    Selanjutnya untuk Durtete, ia mencapai penerimaan publik tertinggi hingga 83 persen. Dan Pertumbuhan ekonominya mencapai 7,1 persen. Sayangnya, dalam menstabilkan nilai tukar, mata uang Filipina merosot 5,29 persen.

    selamat-jokowi-dinobatkan-sebagai-presiden-terbaik-asia-australia-versi-bloomberg-be

    Berdasarkan Bloomberg, tantangan terbesar presiden Durtete di tahun 2017 adalah menstabilkan hubungan dengan Amerika Serikat dan juga China dengan menjalin kerja sama ekonomi.