Luar Biasa! Pesawat Bikinan Indonesia Laku Keras di Pasar Dunia


    pt-di

    SURATKABAR.ID – Kemampuan Indonesia dalam membuat pesawat terbang sepertinya tak perlu diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan prestasi yang diraih PT Dirgantara Indonesia (DI).

    Belum lama ini, PT DI baru saja mengekspor pesawat terbang CN235-220M Multi Purpose Aircraft ke Senegal. Pesawat terbang bikinan anak negeri ini juga makin diminati di pasar internasional.

    Budi Santoso selaku Direktur Utama PT DI mengungkapkan bahwa pesawat karya anak bangsa ini akan digunakan untuk berbagai keperluan di Senegal. Pesawat terbang ini bisa digunakan sebagai pesawat angkutan penumpang hingga evakuasi medis.

    Budi menambahkan, PT DI terlah memproduksi 62 unit pesawat terbang CN235 ini. Menurutnya, 62 unit pesawat terbang ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan permintaan ekspor dari beberapa negara.

    Saat ini, PT DI telah mengekspor 35 pesawat terbang. Tak hanya ke Senegal, pesawat-pesawat ini juga dikirim ke Venezuela, Burkina Faso, Uni Emirat Arab, Pakistan, Turki, Malaysia, Korea Selatan, Thailand, dan Brunei Darussalam.

    Bahkan pada November lalu, PT DI juga telah menyelesaikan pesanan khusus dari Royal Thai Police. Presiden Republik Guinea, Alpha Conde pun mengungkapkan ketertarikannya terhadap pesawat terbang buatan Indonesia ini.

    “Momen ini adalah bukti pengakuan dunia terhadap kualitas produk pesawat terbang buatan industri dalam negeri sekaligus menjadi kebangkitan industri kedirgantaraan Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis, Rabu (28/12/2016).

    Airlangga menambahkan, prestasi ini harus mampu menjadi lead integrator bagi perkembangan ekosistem industri kedirgantaraan di Indonesia. Ia juga berharap, industri ini juga dapat menciptakan peluang lapangan kerja yang bernilai tinggi.

    Tak dapat dipungkiri, pesawat terbang made in Indonesia ini memang laris manis di pasar dunia, sehingga bisa menjadi cambuk untuk terus meningkatkan industri kedirgantaraan di Indonesia.