Tolak Calon Perdana Menteri Muslim, Ini yang Dilakukan Presiden Rumania


klaus

SURATKABAR.ID РMenjadi seorang pemimpin beragama Islam di Indonesia bukanlah hal yang sulit. Namun, Sevil Shhaideh yang mencalonkan diri sebagai Perdana Menteri harus menerima penolakan dari Presiden Rumania Klaus Iohannis.

Seperti dilansir viva.co.id, Klaus dengan tegas menolak calon perdana menteri dari Partai Sosial Demokrat (PSD) tersebut. Ia bahkan meminta pihak partai untuk mengajukan calon lainnya.

Shhaideh yang berusia 52 tahun ini berasal dari komunitas Muslim Rumania yang berjumlah 65 ribu jiwa. Partai yang mencalonkannya menjadi pemenang dalam pemilihan umum Parlemen di Rumania pada 11 Desember 2016 lalu.

Namun, Klaus memilih untuk menolak pencalonan Shhaideh tanpa menjelaskan lebih lanjut alasan yang mendasarinya.

“Saya benar-benar telah menganalisa dan berargumen bahwa saya memutuskan untuk tidak menerima proposal ini,” tutur Klaus seperti dilansir situs Aljazeera.

Klaus menuturkan, keputusan dan penolakannya ini dilakukan setelah melakukan pembicaraan dengan PSD dan Aliasnis Liberal Demorat (Alde) sebagai pihak yang mengajukan pencalonan Shhaideh.

Klaus juga meminta agar kedua pihak ini mencalonkan orang lain untuk menduduki kursi perdana menteri.

Dalam pemilihan umum Parlemen Rumania ini, PSD memenangkan 44 persen suara. Sedangkan Partai Nasional Liberal (PNL) hanya mendapatkan sekitar 20 persen suara.

Selain kedua partai ini, terdapat empat partai politik lainnya yang juga berpartisipasi dalam pemilu, yaitu Save Romania Union (USR), The Democratic Union of Hungarians in Romania (UDMR), The Popular Movement Party (PMP), serta Alde.

Bersama Alde, PSD berhasil mengendalikan 250 dari gabungan 465 kursi di parlemen Rumania. Jumlah kursi ini dinilai cukup untuk mengajukan calon yang mereka pilih untuk memnduduki kursi Perdana Menteri Rumania.

Namun, dengan adanya penolakan dari Presiden, PSD dan Alde tentu harus mencari pengganti Shhaideh untuk diajukan sebagai calon Perdana Menteri.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaYana Zein Jalani Pengobatan Kanker, Kedua Anaknya Putus Sekolah
Berita berikutnyaNgamuk dan Serang Polisi, Ini Sanksi MA untuk Dora Natalia