Pemerintah Putuskan Tidak Jadi Melarang Klakson Telolet, Asalkan…


SURATKABAR.ID – Klakson ‘telolet ‘ beberapa hari terakhir menjadi viral di berbagai social media. Di Facebook, Instagram, dan juga Twitter dan beberapa jejaring sosial lainnya. Tidak hanya social media Indonesia saja, bahkan orang-orang ternama dunia juga turut meramaikannya. Dengan berita yang sangat heboh tersebut muncul isu pelarangan klason telolet yang saat ini sedang digemari banyak pihak, tentu saja ada yang pro dan kontra.

Kepala Badan Pengawas Jalan Tol Elly Adriani Sinaga mengungkapkan jika ternyata penggunaan telolet tidak dilarang namun hanya perlu untuk menyesuaikan volumenya klakson saja.

“Di PP Nomor 55 Tahun 2013 diatur kalau bunyi klakson paling maksimal itu 118 desibel,”  papar Elly di terminal Kalideres, Jumat (23/12/2016), dikutip dari Tempo.co.

Elly menjelaskan setelah diukur ternyata bunyi klakson telolet adalah 200 desibel, hampir dua kali batas maksimal. Meskipun begitu Elly tidak menyebut akan dilarang karena sudah menjadi hiburan tersendiri untuk masyarakat.

“Masyarakat kan dengar lagunya, itu yang dinikmati, tetapi volumenya harus menyesuaikan PP,” tambah Elly

Sempat beredar isu akan dilakukan pelarangan pada klakson telolet, Elly memiliki jawabannya. Kementerian Perhubungan khawatir jika desibel yang tinggi tersebut bisa mengagetkan kerumuman orang dan menimbulkan hal-hal yang kurang baik. Elly memberikan contoh jika di kerumunan orang tersebut ada seseorang yang memiliki penyakit jantung tentu saja akan sangat berbahaya.

Tidak hanya itu saja, Elly juga memaparkan jika suara klakson yang sangat tinggi bisa membuat suasana menjadi gaduh. Elly menyebutkan sebuah kasus terjadi di Sumatera. Karena suara klason yang terlalu keras, sebuah bus di Sumatera sampai ditimpuki warga.

Oleh sebab itu, Elly menyarankan agar para sopir biaksana dalam mengelola bunyi klakson teloletnya agar tidak timbul kegaduhan ataupun bahaya lainnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaAhok Beberkan Alasan Slank Dukung Dirinya di Pilkada
Berita berikutnyaBikin Haru, Pria Ini Sumbangkan 90 Rumah Saat Pernikahan Putrinya