Fenomena ‘Om Telolet Om’ Menyerang, Apa Itu?


fenomena-om-telolet-om-menyerang-sebenarnya-apa-itu-a

SURATKABAR.IDFenomena ‘telolet’ akhirnya menyebar ke seluruh penjuru negeri. Bukan hanya di Indonesia saja, ternyata fenomena unik ini juga sudah menjangkit artisartis kelas dunia.

Pada Rabu (21/12/2016), hashtag ‘Om telolet Om’ merajai topik di Twitter. Tidak hanya di Twitter saja, wabah telolet ini juga ramai diperbincangkan di Instagram. Sontak netizen penasaran sebenarnya apa sih telolet ini?

Para pencari telolet tersebut sebenarnya sudah lama ada, namun baru akhir-akhir ini menjadi perbincangan netizen. Kata telolet ini muncul saat anak-anak ‘berburu’ suara klakson bus di pinggir jalan. Sebuah video yang diambil di Jepara, Jawa Tengah diyakini banyak orang adalah pemicunya. Di dalam video tersebut, terlihat anak-anak setelah pulang sekolah berdiri di pinggir jalan.

Hal tersebut semata-mata untuk mendapatkan bunyi klakson bus yang sangat khas, ‘telolet’ yang akan diberikan oleh supir. Saat ada sebuah bus yang lewat anak-anak tersebut ramai berteriak pada sopir ‘Om telolet Om’. Ada juga mereka yang hanya berdiri di pinggir jalan dengan membawa kertas bertuliskan ‘Om Telolet Om’.

Sekarang ini, kata-kata tersebut sudah menjadi viral dan banyak diperbincangkan. Bahkan, kepopuleran ‘Om telolet Om’ ini sampai ke luar negeri. Sebut saja DJ kondang seperti halnya Dillon Francis, DJ Snake, dan juga The Chainsmokers dan Zeed penasaran dengan arti kata-kata tersebut.

fenomena-om-telolet-om-menyerang-sebenarnya-apa-itu-b

Fenomena ‘Om telolet Om’ ini sekarang seakan mewabah ke berbagai penjuru Nusantara, tidak hanya Jawa Tengah saja, Jawa Timur, Jawa Barat dan kota-kota lainnya juga seakan hanyut dalam keseruan tersebut.

Sesuatu yang sangat sederhana menjadi hiburan tersediri untuk anak-anak. Mereka akan setia menunggu untuk diberi telolet yang memiliki suara yang sangat khas. Fenomena yang sangat menarik sekali. Tidak hanya anak-anak yang merasakan euphoria-nya, mereka para supir juga senang melihat tawa anak-anak yang pecah ketika diberi  telolet.