Bertemu di Bali, Jokowi dan Kofi Annan Bahas Masalah Etnis Rohingnya


    bertemu-di-bali-jokowi-dan-kofi-annan-bahas-masalah-etnis-rohingnya-cover

    SURATKABAR.ID-Presiden Jokowi hari ini melakukan pertemuan dengan mantan Sekjen PBB Kofi Annan. Pertemuan tersebut berlangsung di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, saat presiden akan melakukan pembukaan Bali Democracy Forum (BDF) IX  pada Kamis (8/12/2016).

    Dalam pertemuan tersebut, orang nomor satu di Indonesia itu didampingi oleh Retno LP Marsudi selaku Menteri Luar Negeri. Dalam pertemuannya dengan Chairman of The Kofi Annan Foundation tersebut, Presiden Jokowi ternyata membahas soal situasi yang saat ini terjadi di Rakhine State, Myanmar. Mereka membahas mengenai kondisi Rohingnya yang semakin memprihatinkan dan langkah apa saja yang akan diberikan.

    “Tadi berbicara banyak dan dalam diskusi tadi, beliau menyampaikan mengenai langkah-langkah yang perlu kita ambil dalam membantu kemanusiaan yang ada di Rakhine State,” ujar Presiden Jokowi pada Kamis (8/12/2016), seperti yang dikutip di News.detik.com.

    Kepada Kofi Annan, mantan wali kota Solo ini meminta masukan apa yang bisa dilakukan untuk warga di Rohongnya. Presiden menjelaskan jika Kofi Annan memberikan banyak masukan kepadanya. Sebagai langkah awalnya, Kofi Annan menyarankan Indonesia untuk memberikan bantuan logistik terlebih dahulu. Bantuan logistik ini berupa makanan dan juga perlengkapan untuk istirahat.

    “Itu bantuan yang dibutuhkan secepatnya. Tentu nanti bisa disusul bantuan kedua, seperti pembangunan sekolah,” lanjut orang nomor satu di Indonesia seperti yang dikutip di Tempo.co.

    Terakhir, Kofi Annan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Indonesia untk membantu Rohingnya. Menurut Annan, Indonesia merupaka salah satu negara Islam terbesar di dunia yang langsung melakukan pertemuan dengan counselor Aung San Suu Kyi untuk membahas nasib Rohingya.

    “Ya apresiasi kita sebagai negara muslim terbesar di dunia yang langsung bertanya kepada State Counselor Aung San Suu Kyi mengenai apa yang bisa kita lakukan,” kata Jokowi