Wilayah Pusat Gempa, Pidie Jaya Alami Kerusakan Terparah


pijay

SURATKABAR.ID – Gempa 6,4 SR yang terjadi Rabu (7/12/2016) pukul 06.30 WIB di Aceh merupakan gempa darat. Pusat gempa dengan kedalaman 10 Km ini salah satunya adalah Kabupaten Pidie Jaya (Pijay). Alhasil, gempa berkekuatan 6,4 SR dengan lima kali gempa susulan tersebut berhasil meluluhlantakkan berbagai bangunan di Pidie Jaya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gempa ini mengakibatkan kerusakan parah di SPBU Ulee Glee, Kecamatan Ulee Glee, Kabupaten Pidie Jaya. Bahkan, salah satu warung kopi yang terdapat di kompleks SPBU juga ikut hancur akibat terjangan gempa dahsyat tersebut.

Selain SPBU, pasar Ulee Glee pun mengalami kerusakan akibat gempa ini. Disusul dengan robohnya 10 unit ruko, empat rumah semi permanen roboh, jalan desa rusak, serta beberapa tiang listrik roboh.

Saat ini, Petugas Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) telah mengerahkan alat berat untuk membersihkan reruntuhan dan puing bagunan yang roboh. Sementara warga yang rumahnya mengalami kerusakan atau roboh telah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu, di Kabupaten Bireuen, meski tak separah di Pijay, namun gempa menyebabkan dua unit rumah rusak dan sebuah masjid roboh.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mata Ie, Eridawati, mengatakan bahwa hingga kini telah terjadi lima kali gempa susulan yang menerjang Aceh. Kekuatan terbesarnya 4,8 SR. Meski begitu, masyarakat diminta untuk tetap tenang karena gempa darat ini tidak berpotensi tsunami.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumya5 Kali Gempa Susulan Rubuhkan SPBU dan Masjid di Aceh
Berita berikutnya18 Orang Tewas Akibat Gempa Aceh, Evakuasi Terus Dilakukan