Mahfud MD Belum Yakin Dahlan Iskan Lakukan Tindak Korupsi


    mahfud-md-belum-yakin-dahlan-iskan-lakukan-tindak-korupsi-cover

    SURATKABAR.ID-Mahfud MD mengaku bahwa dirinya tidak yakin jika mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan melakukan korupsi seperti yang dituduhkan saat ini. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini bahkan menyatakan jika hatinya dan pikirannya tidak sejalan untuk mengatakan jika rekannya tersebut benar-benar melakukan tindak korupsi.

    “Hati saya mengatakan Pak Dahlan tidak melakukan korupsi. Saya sudah bersahabat lama dengan Pak Dahlan, karena itu saya belum yakin dia korupsi,” ujar Mahfu MD pada Selasa (6/12/2016) di Surabaya, dikutip dari Kompas.com.

    Menurut Mahfud MD, dakwaan yang disampaikan oleh jaksa masih sebatas formalitas untuk memenuhi prosedur hukum dan belum menyentuh kepada substansi tentang tindakan apa yang dilakukan oleh Dahlan Iskan terkait pelepasan asset yang dimiliki oleh BUMD Jawa Timur PT Panca Wira Usaha.

    Mahfud MD menjelaskan lebih lanjut lagi jika surat persetujuan Ketua DPRD Jawa Timur yang sekarang ini dipermasalahkan oleh jaksa tidak ada kaitannya dengan Dahlan Iskan selaku Direktur Utama PT Panca Wira Usaha. Surat tersebut sudah terlebih dahulu disetujui dan dikeluaran oleh Ketua DPRD Jaim sebagai instansi legislatif guna menjual beberapa asset PT PWU di Tulungagung dan juga Kediri.

    Dalam dakwaan tersebut, Dahlan Iskan dijerat dengan pasal 2 dan 3 UU tindak Pidana Korupsi, Juncto Pasal 2 dan 3 UU, tindak pidana Korupsi, juncto pasal 55 KUHP mengenai keikutsertaan dalam tindak korupsi. Dakwaan tersebut dibacakan oleh Jaksa Lilik Indahwati dari Kejati Jatim. Dalam kasus pelepasan asset BUMD Jatim PT Panca Wira Usaha, negara menanggung kerugian sebesar Rp 11 Miliar lebih.

    Selanjutnya, sidang Dahlan Iskan akan digelar pada Selasa 13 Desember 2016. Dalam sidang tersebut, agendanya adalah pembacaan keberatan atas dakwaan atau ekspansi yang ditujukan kepada Dahlan Iskan.