Hiiii! Laba-Laba Dari Australia Ini Bikin Geger Dunia Karena…


laba-laba_20161105_112546

Sebuah foto laba-laba akhir – akhir ini menjadi viral di media sosial. Foto  yang diambil dari Brisbane Valley, Queensland, Australia ini tiba-tiba membuat gempar dunia.

Penyebabnya,  lantaranukuran dari laba-laba itu yang sangat besar. Dalam foto, laba-laba itu terlihat tengah berada di sebuah gagang sapu bekas.

Perbandingan ukurannya dengan gagang sapu terlihat sangat sensasional, bisa jadi laba – laba ini memiliki diameter lenoh dari 30 sentimeter.

Saking terkenalnya, oleh warga lokal, laba-laba raksasa ini kemudian diberi nama. Mereka memberikan nama Charlotte, mengacu pada cerita dongeng terkenal tentang laba –laba, ‘Charlotte Web’.

Barnyard Betty, wanita yang pertama kali memuat naik foto itu di media sosial Facebook mengatakan,

“Saya tak tahu kenapa baru sekarang terkenalnya, karena keberadaannya (Charlotte) sebenarnya sudah lama, tapi dia memang jadi semakin viral dan jadi sensasi di internet saat ini.”

1

Menurut Betty laba-laba sensasional ini hanyalah laba – laba jenis Huntsman biasa yang banyak terdapat di alam liar Benua Australia.

“Laba-laba ini jenis Huntsman dan kami berada di Queensland, Australia. Ukurannya memang sangat besar dan ini bukan di-photoshop,” kata Betty  seperti dilansir TribunTravel.com via Surya Malang.

Betty menyebut, warga lokal melindungi Charlotte, karena laba-laba ini tidak menyerang manusia.

“Dia sangat cantik, tenang dan tidak agresif seperti laba-laba lain. Dia cuma tahu makan dan hidup tenang di sini. Dia tidak perlu dibunuh!” ungkapnya lewat media sosial.

Dikutip dari Pikiran Rakyat, laba-laba Huntsman dikenal juga  sebagai Goliath pemakan burung Amerika Selatan (Theraphosa blondi), laba-laba besar itu adalah laba-laba terbesar di dunia, menurut buku rekor Guinness.

3

“Kakinya dapat berukuran sampai 30cm, atau sepanjang lengan anak-anak, dengan tubuh sebesar kepalan tangan dewasa. Dan berat laba-laba itu mencapai 2kg, hampir sebesar anak anjing,” ujar Naskrecki eorang ahli entomologi dan fotografer dari Museum Zoologi Komparatif di Universitas Harvard.

Beberapa sumber mengatakan laba-laba raksasa Huntsman, yang mempunyai kaki lebih panjang, lebih besar daripada laba-laba Goliath ini.

Tapi Huntsman lebih lembut dibandingkan Goliath yang panjang dan kuat. Membandingkan kedua laba-laba ini seperti membandingkan jerapah dengan gajah.

Besarnya laba-laba Goliath ini terdengar dari suara yang dibuatnya. “Kakinya mempunyai ujung yang keras dan cakar yang membuat suara klik yang sangat khas, mirip kaki kuda yang menapaki tanah, tapi tidak sekencang itu,” tulisnya.

Ketika Naskrecki mendekati makhluk itu di hutan hujan, laba-laba itu akan menggosokan kaki belakanganya ke abdomen.

Awalnya, peneliti berpikir sifat itu terlihat “manis”, tapi mereka menyadari laba-laba itu mengeluarkan bulu dengan duri mikroskopik. Ketika bulu-bulu ini terkena mata atau membran selaput lainnya, hal itu akan menyebabkan “sangat sakit dan gatal,” dan sakitnya tidak akan hilang selama berhari-hari.