Kamu Sering Bermain Smartphone Sebelum Tidur? Bisa Jadi Kamu Terkena Insomnia. Baca!


smartphone-gangguan-tidur

Smartphone terbukti menjadi mitra terbaik kita setiap saat, bahkan menjelang tidur. Kita masih saja baca situs berita atau terhubung di media sosial, sehingga sering keterusan sampai larut malam. Kemudian ketiduran sambil pegang handphone atau bahkan tidak bisa tidur karena terlalu asyik. Apakah dampak penggunaan smartphone seperti itu membahayakan kita?

Banyak informasi yang tersebar bahwa salah satu dampak penggunaan smartphone di malam hari adalah penyakit insomnia dan kendala sulit tidur lainnya. Landasan teorinya yaitu layar smartphone yang memancarkan cahaya biru dalam jumlah banyak membuat otak kita berfikir sedang berada pada siang hari, jadi bukan waktunya untuk tidur.

Studi yang terpublikasikan dalam jurnal Organizational Behavior and Human Decision Processes juga mengungkapkan bahwa cahaya biru dari layar smartphone juga dapat mengganggu pelepasan hormone melatonin, hormon yang membantu tubuh untuk tidur. Ini menyebabkan saraf tetap terjaga.

Penelitan lain tentang gangguan tidur gara-gara smartphone juga diungkapkan Harvard Medical School. Sinar dari layar tersebut akan mengganggu jam biologis yang menyebabkan terganggunya kualitas tidur. Dampak penggunaan smartphone lainnya adalah tentang adanya radiasi elektromagnetik dalam jangkauan gelombang mikro sehingga mempengaruhi tidurnon-REM (Rapid Eye Movement) yang menghambat aliran darah untuk mengalir ke otot-otot dan membuat tidur tidak nyenyak.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDriver Go-Jek Meninggal Dunia Karna… Baca!
Berita berikutnyaMata Sudah Lelah Tapi Sulit Tidur? Coba Cara-Cara Ini! Sebarkan!