Ungguli Anies-Sandiaga pada Survei SMRC, Ini Komentar Singkat Agus


agusDirilisnya hasil survei dari Saiful Mujani Research Center (SMRC) menunjukkan elektabilitas kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono – Sylviana Murni mulai merangkak naik.

Sementara duet Basuki Tjahaja Purnama – Djarot Syaiful Hidayat masih unggul diposisi pertama meski elektabilitasnya terus menjauh dari angka 50 persen.

Berdasarkan survei SMCR pada 1-9 Oktober 2016 terhadap 648 responden, elektabilitas Ahok – Djarot di angka 45,5 persen. Namun, yang menarik adalah adanya pergeseran untuk peringkat kedua yang sebelumnya ditempati Anies Baswedan – Sandiaga Uno, kini menjadi milik Agus Harimurti-Sylviana Murni.

Populasi tersebar 23,3 persen di Jakarta Barat, 10,9 di Jakarta Pusat, 22,1 persen di Jakarta Selatan, 27,4 persen di Jakarta Timur, 16,0 persen di Jakarta Utara, dan 0,3 persen di Kepulauan Seribu.

Sasaran survei tersebut adalah warga DKI Jakarta yang sudah berusia di atas 17 tahun. Dalam survei itu, jumlah sampel acak sebanyak 810 orang yang dipilih secara multistage random sampling. Responden diwawancarai secara tatap muka dengabn margin of error sebesar 3,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei itu tentu saja mengejutkan banyak pihak. Sebab, Agus bisa mengalahkan Anies Baswedan. Padahal sebelumnya Agus belum pernah terjun ke dunia politik dan belum mempunyai pengalaman berpolitik. Berbeda dengan Anies yang pernah menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan SBY dan ikut konvensi Partai Demokrat.

“Penting dicatat bahwa gambaran ini mungkin saja berubah. Untuk Agus dan Anies, perbedaannya masih di margin error. Tapi riilnya, Agus di urutan kedua,” ujar Direktur SMRC Sirojudin Abbas dalam paparan hasil surveinya di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Kamis 20 Oktober 2016, dikutip dari jpnn.com.

Menanggapi hal tersebut, Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengaku tidak terlalu terkejut dengan cepatnya elektabilitas Agus. Dia malah yakin elektabilitas Agus bisa mengalahkan Ahok.

“Tren kesukaan masyarakat atas Agus Harimurti Yudhoyono setelah terjadi keputusan politik tanggal 23 September 2016 yang lalu terus membuat ‘big surprise’ bagi warga Jakarta dan terus berlanjut. Angka dua digit menembus angka 20 menjadi 22 sampai dengan medio pertengahan Oktober tren fakta yang terus menaik,” kata Hinca saat dihubungi merdeka.com, Minggu (23/10/2016), dikutip dari merdeka.com.

Hinca meyakini Agus akan memotong Anies dan terus memepet Ahok sampai awal Desember 2016 nanti. Dia berharap, Agus bisa melampaui angka perolehan petahana Ahok – Djarot di medio Januari.

“Kami sedang bekerja keras untuk itu dan peluang itu kami yakini terbuka lebar,” imbuhnya.

Menurut Hinca, Demokrat dan tim koalisi mengambil keputusan yang tepat mengenai analisa begitu cepatnya ketertarikan warga Jakarta kepada Agus. Bahkan, sampai mengalahkan seorang Anies Baswedan,. Hinca menekankan, Agus memberikan harapan baru bagi warga Jakarta di Pilgub DKI 2017 nanti.

“Selain efek kejut, momentumnya pas. warga Jakarta dapat harapan baru yang fresh dan mumpuni. Cara bicara dan penguasaan dinamika kota Jakarta ternyata juga lengkap. Cara menyapanya dan cara berdialog langsung ke warga juga sangat humanis. Banyaknya relawan yang tampil natural, apa adanya juga menjadi magnet tersendiri menambah energi mas Agus melakukan penetrasi ke pelosok pinggiran kota,” terang dia.

Ia yakin, Agus – Sylvi akan meraih kemenangan dalam pemilihan orang nomor 1 dan nomor 2 pada pilgub pada Februari 2017 nanti. Hinca mengatakan, timses sedang bekerja keras menggenjot elektabilitas Agus – Sylvi agar bisa melampaui koalisi petahana.

“Kami solidkan tim dan relawan agar energi bersatu. Sekarang seluruh materi dan perangkat lainnya sudah siap 100 persen dan begitu selesai penetapan besok, cabut nomor urut, sahkan jadwal kampanye sampai deklarasi pawai damai oleh KPUD Jakarta, semuanya sudah langsung tancap gas. Mohon doa restu seluruh warga Jakarta,” tutup Hinca.

Sementara itu, PKB sebagai salah satu partai pengusung Agus – Sylvi di pilgub berharap terus bekerja menawarkan visi terbaiknya ke warga Jakarta.

Wasekjen PKB Daniel Johan berharap Agus-Sylvi akan lebih sering turun ke lapangan menyapa warga Ibu Kota.

“Wah saya senang dengarnya. Harapannya Agus terus menemui masyarakat secara langsung sebanyak mungkin agar masyarakat bisa tahu langsung seperti apa calon yang akan mereka pilih dan bisa sampaikan langsung masalah-masalah yang dihadapi warga,” kata Daniel melalui pesan singkat, Kamis (20/10/2016), dikutip detik.com.

Dengan turun langsung ke lapangan, Agus – Sylvi akan lebih mudah memahami masalah apa saja yang dirasakan warga Jakarta saat ini dan akan mempermudah dalam menyusun program kerja ke depannya.

“Sebaliknya agar Agus semakin memiliki hati untuk masyarakat setelah memahami langsung kesulitan warga dari matanya sendiri. Sehingga bila dilantik menjadi gubernur maka bisa langsung berbuat untuk warga,” pungkasnya.