Anak Jokowi Tidak Bercita-cita Jadi Wali Kota


    jokowi

    2 tahun sudah masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Beberapa program pun telah dicanangkan termasuk program nawacita.

    Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Sidarto Danusubroto menilai telah banyak hal yang berhasil dicapai oleh Presiden Joko Widodo dalam dua tahun masa pemerintahannya.

    Namun, Sidarto menyoroti kesederhanaan sosok Jokowi yang pada akhirnya bisa memikat masyarakat. Ia mengatakan sifat Presiden Jokowi adalah rendah hati sehingga masyarakat senang dipimpin oleh presiden seperti beliau. Karena saat ini yang dibutuhkan rakyat adalah pemimpin yang dekat dengan rakyatnya.

    “Dari awal saya ini melihat Jokowi sebagai sosok yang humble sekali, dan sifat itu tak berubah sampai sekarang,” kata Sidarto dalam launching buku dan diskusi dua tahun pemerintahan Jokowi-JK di Gedung Setneg, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/10/2016), dikutip dari tribunnews.com.

    Sidarto membeberkan momen saat mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerja ke Kalimantan Barat. Tiba-tiba Jokowi mampir ke sebuah warung makan sederhana dan makan di sana. Jokowi juga selalu menyalami rakyat yang ditemuinya saat melakukan kunjungan kerja. Tanpa melihat bahwa ia adalah figur seorang presiden.

    “Unik ya, saya kira ini satu kekuatan beliau,” kata politisi PDI-P ini.

    Mantan ajudan di era Presiden Soekarno ini lalu membandingkan sosok Jokowi dengan sang proklamator Ir soekarno.

    Ia berpendapat, pada awal kemerdekaan, Indonesia memang membutuhkan pemimpin yang berwibawa dan pandai berpidato layaknya Soekarno.

    Namun, sekarang sosok seperti Soekarno tidak lagi dibutuhkan oleh rakyat. Rakyat justru membutuhkan sosok yang sederhana dan merakyat seperti Jokowi. Ia memastikan, Jokowi adalah pemimpin yang tulus bekerja untuk rakyat dan tidak punya niat atau ambisi politik tertentu. Kerendahan hati dari Jokowi tersebut dianggap telah berhasil memikat hati masyarakat.

    Sidarto menambahkan, Jokowi tidak menuntut kepada anaknya untuk menjadi walikota ataupun presiden. Ia menjelaskan yang diinginkan Jokowi adalah anaknya bisa meraih kesuksesan tanpa bantuan orang tua.

    “Anaknya saja jualan martabak, bisnis katering, enggak ada pikiran cita-cita akan jadi wali kota Solo, enggak ada itu,” ucap Sidarto.

    Anak Jokowi yang dimaksud adalah Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming yang punya bisnis berjualan martabak.