Dianggap Lecehkan Buddha, Cristiano Ronaldo Dibully di Instagram


ronaldo-1

Beberapa waktu lalu, bintang sepakbola terkenal asal Portugal yang menjadi andalan lini depan klub raksasa Real Madrid, Cristiano Ronaldo, sempat menjadi trending di media sosial karena posenya yang dianggap lucu berdiri membelakangi sebuah mobil mewah. Kali ini, Ronaldo kembali menjadi viral lantaran dituding lecehkan agama Buddha.

Hal itu disebabkan karena dia berpose di samping patung kepala Buddha. Lho, lantas kenapa disebut melecehkan agama Buddha? Ternyata dalam foto yang dia unggah ke akun Instagramnya tersebut, Ronaldo terlihat meletakkan kakinya di pinggiran bingkai pembatas patung kepala Buddha.

Tentu saja, banyak orang terutama yang beragama Buddha menganggap bahwa Ronaldo tidak menghargai mereka dengan berpose seperti itu. Sontak berbagai kecaman, cibiran sampai hujatan berlalu-lalang menghiasi timeline Instagram yang menampilkan foto tersebut.

“Saya penggemar Anda, tapi Anda harus menghormati Buddha,” ujar salah seorang followernya di Instagram.

“Foto ini menyakiti hati kami [Buddhisme],” tambah pemilik akun Instagram lainnya.

“”Ini sangat tidak sopan. Bagaimana Anda bisa menempatkan kaki di patung Buddha Gautama,” tulis follower lainnya.

Walaupun banyak yang langsung bereaksi dan melancarkan ‘serangan-serangan’ kepada Ronaldo, akan tetapi tidak sedikit pula yang membela pesepakbola yang pernah bermain untuk klub rasasa Liga Premier Inggris, Manchester United tersebut.

“Banyak yang berkomentar negatif. Tapi saya percaya ini hanya sebuah kesalahan karena kurangnya pengetahuan. Buddhisme memandu Anda untuk tidak saling membenci atau iri hati, untuk hidup dalam harmoni dan hidup bahagia,” tulis salah seorang pembela dan juga follower Ronaldo.

Agar tidak memunculkan masalah lebih lanjut, ada salah satu followernya yang berharap agar Ronaldo menghapus foto tersebut dari Instagramnya karena jika dibiarkan akan menyulut kemarahan para pemeluk agama Buddha di seluruh dunia.

ronaldo

“Umat Buddha tidak nyaman dengan Ronaldo, walaupun dia sengaja atau tidak menempatkan kakinya di sana. Buddha adalah pemimpin terbaik dalam agama Buddha. Saya harap Anda menghapus foto ini,” tulis seorang pengguna Instagram yang bernama Nguyen Huy.

Sayangnya, hingga kini belum ada klarifikasi ataupun permintaan maaf dari pesepakbola yang memiliki julukan CR7 tersebut, walaupun banyak orang atau netizen yang melihat foto itu merasa geram dan tidak suka akan pose yang dilakukan Ronaldo.

Bahkan, sampai sekarang ini, foto Ronaldo yang berpose dengan kaki di pinggiran pembatas patung kepala Buddha dan bertuliskan caption “Bom dia” atau dalam Bahasa Portugal berarti “Selamat Pagi” itu masih terpampang dan belum dihapus oleh yang bersangkutan.