Ikut Demo, Amin Rais: Tangkap Ahok!


amienIbu kota DKI Jakarta menjadi sorotan beberapa media hari ini, Jumat (14/10/2016) baik nasional maupun internasional. Sorotan media itu terkait aksi demo ormas Islam menuntut proses hukum dugaan penistaan ayat Al-Qur’an yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ahok.

Ribuan massa gabungan dari berbagai ormas Islam tiba di depan gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (14/10/2016). Massa pengunjuk rasa tersebut mendesak polisi agar segera mempidanakan Ahok

Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais juga ikut serta dalam aksi unjuk rasa massal di Balai Kota Jakarta itu. Bahkan dia juga turut memberi orasi.

Amien Rais pun didapuk ke atas panggung orasi. Masa bertepuk tangan melihat kehadiran mantan Ketua Umum PAN dan Ketua MPR itu.

Amien berpendapat bahwa Ahok telah dianggap menghina Alquran.

“Saudaraku yang beriman, apakah kita rela jika orang kuffar menista ayat suci umat Islam. Kita berdiri di sini karena Allah, kita berjuang untuk menuntut Ahok agar tak sembarangan mengutip ayat Allah tanpa didasari pemahaman yang cerdas. Tangkap Ahok! Allahu Akbar,” ujar Amien Rais, dikutip dari fajar.co.id

“Jadi, bukan hanya orang Jakarta saja. Ada sekitar 2,3 miliar umat manusia di muka bumi ini,” lanjut Amien dalam orasinya.

Orasi tersebut mendapat sambutan hangat dari ribuan massa di sana. Ditemui seusai berorasi, Amien mengatakan keikutsertaannya tersebut untuk menekan Bareskrim Polri agar segera menangkap dan memproses Ahok sesuai hukum yang berlaku.

Amien menganggap, Ahok telah menghina kitab suci Alquran, Oleh karena itu ia menegaskan Bareskrim Polri agar menindak tegas apabila hal tersebut benar.

“Mudah sekali untuk menyelesaikan masalah ini, segera tangkap Ahok, proses hukumnya yang wajar saja. Begitu proses hukum jalan, ini umat Islam lega karena penghinaan ini ada hukumannya,” kata tegasnya di Gambir, Jakarta Pusat, dikutip dari republika.co.id.

Selain berorasi, Amien rais juga turut mengikuti long march dari Mesjid Istiqlal menuju Gedung Bareskrim. Ia datang dengen mengenakan setelan putih-putih tersebut. Meskipun usianya sudah tidak muda lagi, namun dirinya masih suka berjalan kaki.

“Saya ikut long march, meskipun usia saya sudah sekitar 71 tahun, saya memang masih suka jalan,” kata Amien.

Dalam orasinya, Amien menuntut agar proses hukum tetap berjalan. Karena, apabila proses hukum sudah berjalan dengan adil, maka umat Islam, baru bisa bernapas lega.

“Segera tangkap Ahok! Proses hukumnya yang wajar saja. Perkara berapa hukumannya, itu nanti biar hakim,” kata Amien, dikutip dari viva.co.id.

Amien rais tidak sendirian, ia ditemani dengan Imam Besar FPI Habib Rizieq. Habib Rizieq juga melakukan orasi serta mendesak polisi agar segera mempidanakan Ahok terkait dugaan penisataan agama.

“Kaum muslimin yang dimuliakan Allah, hari ini kita berjuang untuk ayat Allah. Untuk itu kami mendesak kepolisian untuk segera tangkap dan adili Ahok karena telah melecehkan ayat Allah, Takbir!,” teriak Habib Rizieq disambut takbir massa demonstran, dikutip dari jpnn.com.

Amien juga meminta agar Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla jangan melindungi Ahok.

“Tolong Pak Jokowi dan Pak JK yang punya hati nurani segera gantikan Ahok,” kata Amien.

Habib Rizieq Shihab ikut mengingatkan Presiden agar jangan membela Ahok.

“Presiden jangan coba-coba lindungi Ahok. Kalau Presiden coba-coba lindungi Ahok, kami bukan hanya demo di Balai Kota, tapi kita siap menduduki DPR,” katanya, dikutip dari suara.com.

Tokoh Masyarakat Tionghoa, Lius Sungkharisma, juga angkat bicara.

“Kita tak butuh Gubernur yang suka bicara kasar, tukang gusur rakyat kecil, kongkalikong dengan pemilik modal. Mari sama-sama serukan tangkap Ahok atas perbuatannya yang melecehkan Islam,” ujar Lius sambil disambut tepuk tangan oleh ribuan massa.

Demonstean turun ke jalan-jalan utama di Jakarta selepas Salat Jumat diperkirakan Sekitar 15 ribu orang. Aksi long march dimulai dari Masjid Istiqlal setelah shalat Jumat menuju Kantor Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri dan ke Balai Kota Jakarta dengan cara berjalan kaki.

Dalam aksinya mereka menuntut pemerintah, khususnya aparat penegak hukum mempercepat proses hukum Ahok. Itu tak lain karena Ahok dianggap telah menistakan Agama Islam dan Alquran terkait pernyataannya tentang Surat Almaidah ayat 51.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaNafa Urbach Tak Menyangkal Foto Mesra Suaminya dengan Nikita Mirzani
Berita berikutnyaBagaimana Nasib Thailand Ditangan Pangeran Playboy?