Pengawal Jokowi Jadi Korban Ribuan Lebah yang Mengamuk


lebahRibuan lebah tiba-tiba muncul dan menyerang di tengah keramaian pengunjung Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Bahkan hingga menyebabkan belasan pengunjung  tersebut dilarikan ke rumah sakit terdekat. Insiden itu terjadi pada hari Minggu (9/10/2016), ketika kebun raya Bogor sedang ramai pengunjung.

“Ada 16 pengunjung yang dilarikan ke rumah sakit PMI, mereka mengalami luka nyeri akibat sengatan lebah,” kata Petugas Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor Upun Punijar, dikutip dari merdeka.com.

Upun menjelaskan korban yang berjumlah sebanyak 16 itu terdiri dari orang dewasa. Dan dua di antaranya merupakan petugas keamanan presiden (paspampres) yang ikut menolong pengunjung ketika lebah menyerang dan mengenai tiga orang anak-anak.

Oleh karena itu, mereka dilarikan ke RS PMI untuk menjalani perawatan. Beberapa korban terlihat lemas dan hanya bisa berbaring di Kasur. Sedangkan korban lainnya masih terlihat shock. Namun sebagian besar sudah diperbolehkan pulang.

Seorang anak berusia 4,5 tahun yang ikut menjadi korban juga terlihat muntah-muntah akibat sengatan lebah. Petugas medis terlihat tengah melakukan penanganan.

“Semuanya sudah membaik kondisinya dan berangsur pulang, ada satu anak yang terserang lebah karena kondisinya lagi lemah juga, terpaksa diinfus dan orang tuanya meminta untuk dirawat,” kata Upun, dikutip dari juara.in.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, di area kolam atas di dalam Kebun Raya Bogor. Ketika kejadian, ada 10 rombongan pengunjung yang berasal dari berbagai daerah Bogor dan luar Bogor yang sedang menikmati keindahan alam yang ada dan dekat dengan area kolam tersebut.

Pengunjung terbanyak berasal dari rombongan TK yang sedang menyelenggarakan latihan manasik haji, sekitar 2.700 orang terdiri dari murid TK dan orang tua.

Hingga saat ini, lebah tersebut belum diketahui dari mana asalnya. Secara tiba-tiba segerombolan lebah itu menyerang rombongan pengunjung tersebut.

Kejadian tersebut menimbulkan kepanikan dan rombongan berhamburan, ribuan lebah semakin banyak dan menyerang pengunjung lainnya. Tak hanya pengunjung, seorang petugas keamanan yang membantu pengunjung menyelamatkan diri dari sengatan lebah, juga menjadi korban. Anggota pengamanan presiden yang sedang bertugas di sekitar Kebun Raya Bogor, melihat dan mencoba membantu. Namun mereka juga malah ikut terserang.

“Waktu kejadian serangan itu, kebetulan saya ada di lokasi. Tapi saya tidak diserang, karena diam tidak bergerak. Sementara pengunjung karena panik dan ketakutan mereka makin diserang,” kata Upun, dikutip dari manalagi.com.

Upun mengatakan, Kebun Raya Bogor sempat ditutup mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. karena adanya angin yang berhembus kencang di atas rata-rata yang mengakibatkan pohon bergerak kencang dan banyak dahan maupun rating yang patah.

“Gesekan-gesekan tersebut kemudian dianggap gangguan oleh lebah itu. Kemudian mereka keluar dari sarangnya dan menyerang pengunjung. Jenis lebahnya, lebah madu. Ada pengunjung dan petugas kami yang jadi korban sengatan,” kata Upun dikutip dari detik.com
Tetapi, sejumlah pengunjung tetap datang, meski petugas sudah menginformasikan kebun raya ditutup sementara karena ada angin dan serangan lebah.

“Mereka tetap memaksa masuk karena alasan sudah jauh-jauh datang, apalagi mereka sudah merencanakan akhir pekan, Tadi sempat ditutup, karena masih banyak lebah yang berkeliaran di area berkumpulnya pengunjung. Tapi sekarang sudah dibuka lagi. Tadi ditutup sejak jam 09:00 WIB, dibuka lagi jam 11:30 WIB. Sekarang pengunjung sudah dibolehkan masuk,” lanjut Upun.

Nisa, salah satu korban sengatan lebah mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 10:00 WIB. Saat itu dia sedang menemani dua anak kembarnya, Rofik dan Rakik yang tengah mengikuti latihan manasik haji di dalam KRB.

“Saya mau sewa tikar, pas saya lihat itu orang yang sewain tikar lagi diserang tawon. Jumlahnya banyak, dia juga teriak-teriak,” kata Nisa yang ditemui di RS PMI Bogor, Minggu (9/10/2016).

“Terus itu tawon nyerang ke kita. Anak-anak semua disengat,” tambah Nisa.
Banyaknya lebah yang menyerang membuat puluhan anak-anak peserta pelatihan manasik haji langsung berhamburan menyelamatkan diri.

“Tawonnya banyak, ada ratusan, malah kayanya ribuan,” pungkas Nisa.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaInilah Jurus Anies Baswedan untuk Atasi Kemacetan
Berita berikutnyaParah! Remaja Ini Lakukan Tindakan Tak Senonoh di Tempat Terbuka