Nyaris Lempar Fahri Hamzah dengan Mikrofon, AM Fatwa Akhirnya Minta Maaf


am-fatwa-hampir-lempar-mikrofon-pada-fahri-hamzah_20160921_221546

Ketua Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AM Fatwa akhirnya mengeluarkan permintaan maaf kepada publik. Hal tersebut berkaitan dengan sikap kerasnya saat berdiskusi dengan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, Selasa (20/9/2016) di acara Indonesia Lawyers Club (ILC) TV One.

Dilansir dari tribunnews.com, permintaan senator yang terhitung sangat senior tersebut disampaikan pada akun twitter @AMFatwa.

“#PermohonanMaaf @ILC_tvOnenews @karniilyas @Fahrihamzah,” tulisnya.

Pada postingan tersebut terdapat foto yang berisi tulisan yang menunjukan bahwa AM Fatwa menyadari bahwa sikapnya yang kurang pantas dalam diskusi bersama Fahri Hamzah.

Sebagai Pejabat Negara/Pejabat Publik saya mohon maaf kepada publik atas terjadinya silang pendapat dengan kalimat-kalimat yang tidak pantas saya ucapkan di muka publik dalm forum Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa, 20 September 2016.” bunyi tulisan pada gambar yang diposting tersebut.

Lebih lanjut, AM Fatwa menyatakan jika dirinya terpancing emosi dan sudah sangat lama berkeinginan untuk menyampaikan nasehatnya kepada Fahri yang selama ini sering mengucapkan kata-kata tidak pantas untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Saya terpancing emosi karena sudah terlalu lama terpendam ingin menasihati Saudara Fahri Hamzah khususnya dengan kalimat-kalimat dia yang suka bilang sinting, mulai dari Jokowi dan KPK malam itu.” lanjutnya

Ia menutup kalimat tersebut dengan sekali lagi mengucapkan permintaan maaf.

Sekali lagi mohon maaf dan terima kasih atas dukungan dan nasihat yang saya terima dari berbagai pihak. Salam takzim saya hamba Allah yang lemah. AM FAtwa.

am-fatwa-pernyataan

Sebelumnya dikabarkan jika dalam diskusi yang digawangi oleh Karni Ilyas sempat memanas. Kala itu, ILC sedang membahas tentang penangkapan Irman Gusman oleh KPK.

Dalan sebuah cuplikan video yang tersebar di media sosial nampak rasa kesal AM Fatwa atas penyataan Fahri terhadap Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan KPK.

“Jadi apa yang ditujukan saudara Fahri (Fahri Hamzah Wakil Ketua DPR RI) itu tuduhan keji bagi Badan Kehormatan (DPD).” katanya

Ia juga menegaskan agar Fahri bisa mempertanggungjawabkan kata-kata yang telah dikeluarkan dalam berbagai kesempatan.

“Dan saya harap saudara fahri bisa mempertanggungjawabkan secara moral dan secara politik, karena Anda adalah seorang Wakil Ketua DPR.” lanjutnya.

Namun belum selesai AM Fatwa berbicara, Fahri terlihat menyela dengan mempertanyakan pernyataan dirinya yang mana yang dianggap tidak tepat. “yang mana? iya yang mana?” sela Fahri

Tidak terima kalimatnya dipotong, AM Fatwa nampak kesal hingga meninggi suaranya. “Saudara diam dulu, sudah saudara diam dulu.” bentaknya.

“Saudara ini sembarangan, saya menasihati saudara supaya… mulutmu itu harimaumu. Saudara sembarangan bilang Jokowi misalnya dibilang sinting, tadi KPK dibilang sinting. Coba Anda bilang saya sinting akan saya lempar ini” bentaknya lagi sembari mengangkat mikrofon, seolah akan melempar.

Meski sempat memanas, pada akhir diskusi Fahri Hamzah mendekati AM Fatwa dan mengucapkan permintaan maaf semabri besalaman dan memeluknya.