Waah! Koin Langka Bergambar Pak Harto Ini Sekarang Diburu Banyak Kolektor Dunia


uang

SURATKABAR.ID – Bagi sebagian besar dari kita mungkin sudah mulai melupakan atau memandang remeh keberadaan uang koin. Mungkin saja karena nilainya yang kecil dan juga bawanya yang terbilang ribet dan makan tempat. Namun tahukah anda, ada beberapa uang logam yang memiliki nilai tinggi hingga mencapai belasan juta rupiah per kepingnya?

Cukup mengejutkan karena beberapa waktu terakhir di situs lelang internasional e-bay, muncul uang koin bimetal (dua bahan) bergambar Presiden ke-2 RI, Soeharto, dengan harga yang terbilang fantastis. Untuk satu kepingan uang tanpa nominal, tersebut dijual dengan harga hampir USD1000, atau Rp 13 juta lebih.

Lalu kira-kira apa yang membuat uang koin tersebut menjadi unik dan mahal, ternyata hal tersebut tidak terlepas dari keberadaanya yang terbilang langka. Bagaimana tidak uang ini ternyata hanyalah proyek percobaan dan tidak banyak beredar di masyarakat. Diperkirakan jumlahnya yang beredar tidak lebih dari 1000 keping.

Uang logam ini dimunculkan oleh pemerintah pada tahun 1992, setahun sebelum uang bimetal resmi bergambar kelapa sawit beredar di masyarakat.

Selain itu adanya gambar “Bapak Pembangunan” Soeharto juga menjadi nilai jual tersendiri bagi koin bimetal pertama di Indonesia ini. Jejak langkah Soeharto dalam perjalanan sejarah Indonesia, membuat banyak orang tidak hanya dari dalam negeri sangat tertarik dengan sosoknya.

Hal yang tak jauh berbeda juga diungkap seorang pemilik akun Facebook Julian Permata, dalam sebuah forum sejarah Tanah Air.

”Koin BIMETAL pertama Indonesia 1992 adakah yang Punya? Ternyata sebelum koin BIMETAL Kelapa Sawit tercetak tahun 1993, Koin percobaan BIMETAL gambar Presiden Suharto pernah di cetak beberapa keping saja,,, namun tidak beredar,,, harga nya sekarang 13 juta Rupiah lebih per keping di Lelang eBay baru2 ini,,, Kolektor item incaran para kolektor koin Indonesia, kebetulan di grup ini admin dan anggota nya seluruh Indonesia jg dari Malaysia, Thailand dan Jepang, mau SURVEY Berapa banyak orang yang memiliki koin ini,,, mohon di upload Kalo ada yg Punya ya,,, terima kasih,”

14370211_997785277000621_2352909227119401484_n

Rupanya banyak pula netizen yang terkejut dengan nilai uang yang mungkin jaman dahulu tak ada harganya tersebut. Bahkan sejumlah netter yang mengaku pernah memilikinya, termotivasi untuk bisa kembali mencari koin yang kini dianggap berharga tersebut.

“Bongkar celengan semar dan ayam jago besok,” kata pemilik akun Wedya Widyotama

“ah saya ingat ini dulu di pake buat investasi pak, pakde saya pernah nawarin ke bapak saya tapi bapak saya nolak,” Henry Pradana

Nah, bagaimana apakah anda juga memiliki koin yang sama seperti ini?

http://credit-n.ru/zaymyi-next.html


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaDuh! Terekam Video, Seorang Oknum Polisi “Obok-obok” Kantong Pengendara Demi Uber Uang Pungli
Berita berikutnyaVideo Oknum Aparat Memukul Atlet PON Beredar, Netizen Geram