Apa Kerugian Orang Kaya dan Keuntungan Orang Miskin Soal Amnesti Pajak?


Apa Kerugian Orang Kaya dan Keuntungan Orang Miskin Soal Amnesti Pajak - Sumber Gambar klinikpajak.co.id
Sumber Gambar klinikpajak.co.id

Benarkah Amnesti Pajak Merugikan Rakyat Miskin?

Sudah baca,nonton, atau dengar soal Amnesty Pajak?

Jadi beberapa waktu lalu muncul satu hal yang sempat menghebohkan dan menjadi pembicaraan banyak orang di Tanah Air, yaitu tax amnesty atau dikenal juga dengan sebutan amnesti pajak atau pengampunan pajak.

Apakah Itu Amnesti Pajak?

Secara umum, amnesti pajak atau pengampunan pajak adalah penghapusan pajak bagi Wajib Pajak (WP) yang menyimpan uangnya di luar negeri agar tidak dapat dikenai kewajiban berupa pembayaran pajak dan untuk konpensasinya, mereka yang melakukan hal tersebut wajib menyetor pajak dengan tariff lebih rendah.

Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberlakukan hal ini agar para pengusaha yang menyimpan dananya di luar negeri agar dapat mengalihkannya ke Indonesia dan tentu saja akan dapat meningkatkan pendapatan pajak negara.

Apa Kerugian Orang Kaya dan Keuntungan Orang Miskin Soal Amnesti Pajak - Sumber Gambar cnnindonesia.com
Sumber Gambar cnnindonesia.com

1. Amnesti Pajak Rawan Disalahgunakan

Sayangnya, justru bagi sebagian orang berpendapat bahwa pemberlakuan pengampunan pajak ini tidak tepat karena dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu serta mengenakkan para pengusaha yang sebelumnya telah ‘mangkir’ untuk bayar pajak di Indonesia, padahal mereka tinggal dan hidup di negara ini.

Bagi pengusaha atau orang-orang yang berduit dan memiliki dana besar namun justru disimpan di luar negeri, dengan adana amnesti pajak ini tentunya akan sangat menguntungkan karena mereka tidak dikenakan sanksi berat dan hanya perlu membayar dengan nominal rendah saja, akan tetapi bagi warga Indonesia lain yang hidup setara atau di bawah garis kemiskinan justru dipandang oleh banyak pengamat akan dirugikan.

Apa Kerugian Orang Kaya dan Keuntungan Orang Miskin Soal Amnesti Pajak - Sumber Gambar pajak.my.id
Sumber Gambar pajak.my.id

2. Amnesti Pajak Merugikan Rakyat Miskin?

Menurut pengamat, pada dasarnya pajak yang dibayarkan ke negara nantinya akan dikembalikan kepada rakyat dalam bentuk infrastruktur atau bantuan lainnya dan jika dikatakan bahwa amnesti pajak ini tidak didasarkan pada besar kecilnya pendapatan atau kepemilikan dana seseorang, maka justru para pengemplang pajak yang hidup di Indonesia tapi menyimpan dananya di luar negeri akan lebih diuntungkan.

Dikatakan begitu karena secara logika, jika antara rakyat miskin dan orang kaya harus membayar nominal pajak yang kurang lebih setara dan juga dapat menikmati segala sesuatu dari hasil pajak tersebut dalam kondisi sama, maka tentu akan menjadi satu hal yang timpang dan dianggap tidak adil.

Selain tidak adil, diberlakukannya tax amnesty ini juga akan memunculkan kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin. Si kaya akan semakin kaya dan si miskin akan semakin miskin. Bahkan menurut data akhir dari Bank Dunia pada tahun 2015 lalu, kesenjangan ekonomi antara orang-orang kaya dan miskin sangat terlihat dan melebihi laju dari negara-negara berkembang lainnya di dunia.

Walaupun begitu, pemerintah tentunya memiliki pandangan dan pemikiran lain kenapa harus mengeluarkan kebijakan pengampunan pajak seperti ini. Hanya saja, diharapkan agar penggunaannya tidak salah sasaran dan justru dimanfaatkan oleh para pengemplang pajak yang mana nantinya akan merugikan negara.

Lalu menurut kita soal amnesti pajak : apa kerugian orang kaya dan keuntungan orang miskin?

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Sumber tulisan:
Ghoida Rahmah. 2016.  Pengamat: Tax Amnesty Tidak untuk Menakuti Wajib Pajak  tempo.co/read/news/2016/08/27/087799395/pengamat-tax-amnesty-tidak-untuk-menakuti-wajib-pajak diakses pukul 10.14 WIB pada hari Rabu, 14 September 2016
E.T. 2016. Tax Amnesty Ternyata Bukan Hanya untuk Orang Kaya pengampunanpajak.com/2016/08/29/tax-amnesty-ternyata-bukan-hanya-untuk-orang-kaya diakses pukul 10.15 WIB pada hari Rabu, 14 September 2016
Klnik Pajak. 2016. Pengamat: Tax Amnesty Lahirkan Kesenjangan Sosial klinikpajak.co.id/berita+detail/?id=berita+pajak++pengamat%3A+tax+amnesty+lahirkan+kesenjangan+sosial diakses pukul 10.18 WIB pada hari Rabu, 14 September 2016
Rizal Aditya. 2016. UU Tax Amnesty: Merugikan atau Malah Menguntungkan Rakyat Kecil? business.idntimes.com/economy/rizal/tax-amnesty-disahkan-merugikan-atau-malah-menguntungkan-rakyat-kecil diakses pukul 10.17 WIB pada hari Rabu, 14 September 2016
Seno Tri Sulistyo. 2016. Dirjen Pajak: Amnesti Pajak Untuk Semua Orang, Bukan Hanya Orang Kaya tribunnews.com/bisnis/2016/08/11/dirjen-pajak-amnesti-pajak-untuk-semua-orang-bukan-hanya-orang-kaya diakses pukul 10.15 WIB pada hari Rabu, 14 September 2016

Sumber gambar:
cnnindonesia.com diakses pukul 10.19 WIB pada hari Rabu, 14 September 2016
klinikpajak.co.id diakses pukul 10.19 WIB pada hari Rabu, 14 September 2016
pajak.my.id diakses pukul 10.20 WIB pada hari Rabu, 14 September 2016

Tentang Kita
Twitter : kekitaan_
Line : @jat6583f
Facebook : Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Instagram : kekitaan_
Pinterest : kekitaan_
Linkedin : kekitaan_